Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berikut Penjelasannya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berikut Penjelasannya!

ilustrasi ibu hamil--freepik

• Minumlah lebih banyak air setelah makan durian untuk menetralkan sisa rasa. Hal ini untuk mencegah ibu hamil mudah sakit atau perut panas setelah makan durian.

• Jika Anda mengalami mual atau perut panas setelah makan durian, coba netralkan dengan mengonsumsi antana atau manggis.

BACA JUGA:10 Tips Menghilangkan Bau Badan Akibat Keringat Berlebihan

Selain itu, jika Anda mengesampingkan perhatian di atas pada tipsnya, sebaiknya ibu hamil tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi durian. Dengan demikian, dokter dapat menentukan apakah kehamilan mengizinkan ibu untuk memakan buah tersebut.

Manfaat penggunaan durian selama kehamilan:

Ibu hamil tidak boleh makan durian hanyalah salah satu dari sekian banyak mitos yang umum terjadi selama kehamilan. Padahal, nilai gizi buah durian menawarkan beragam manfaat bagi ibu hamil. Berikut penjelasannya:

1. Perbanyak asupan folat

Asam folat merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil karena dibutuhkan untuk mendukung perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang janin. Folat juga membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

Asam folat juga berperan dalam proses produksi sel darah merah, sehingga dapat menurunkan risiko anemia pada ibu hamil. Durian mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan folatnya.

BACA JUGA:Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Pakai Baby Oil untuk Kulit Bayi

2. Memberikan Energi Tambahan

Dengan mengonsumsi durian, ibu bisa mendapatkan tambahan energi melalui kandungan karbohidrat, gula, dan kalori yang ada di dalam durian. Namun, gula juga berisiko meningkatkan kadar gula darah, sehingga disarankan untuk mengonsumsi durian secukupnya saja.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, durian juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Jika imun tubuh terjaga, ibu akan terhindar dari berbagai penyakit atau paparan radikal bebas yang bisa berdampak buruk pada kehamilan.

BACA JUGA:Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Pakai Baby Oil untuk Kulit Bayi

Sumber: