Wajib Coba! Legitnya Seruit, Kuliner Khas Lampung

Wajib Coba! Legitnya Seruit, Kuliner Khas Lampung

ilustrasi masakan khas lampung seruit--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMasakan Lampung bukan sekedar keripik pisang, ada juga kuliner yang terbuat dari ikan, sambal terasi, dan tempoyak, dan disebut dengan seruit.

Apakah kamu penasaran seruit itu apa? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Seruit merupakan masakan khas lampung yang sering dihidangkan pada berbagai acara-acara penting seperti acara adat, pernikahan dan kelahiran bayi.

Masyarakat Lampung mempunyai tradisi menyanyi yang mempertemukan sanak saudara dan tetangga. Tradisi ini diambil dari nama makanan khas yang biasa mereka sajikan pada acara silaturahmi, yaitu seruit.

BACA JUGA:Wajib Coba! Legitnya Dawet Khas Ponorogo, Bikin Ketagihan

Secara budaya, Lampung mempunyai dua komunitas adat yaitu Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Keduanya cenderung mengelompok bersama. Berkumpul membutuhkan makanan yang bisa dinikmati bersama. 

Makanan tersebut ialah seruit. Namun tidak semua masyarakat adat terbiasa memakan seruit. Ini hanyalah sebuah benang merah yang diturunkan dari generasi ke generasi. Seruit merupakan makanan pokok bagi Pepadun Lampung.

Ada beberapa langkah untuk membuat seruit. Ikan yang diolah dalam proses ini terlebih dahulu dibumbui dengan bumbui sampai halus. Bumbunya terdiri dari bawang putih, garam, kunyit dan jahe. 

Setelah itu ikan dipanggang selama sepuluh menit. Ikan yang sudah setengah matang dilumuri kecap manis dan campuran pedas bawang putih, garam, dan ketumbar. 

BACA JUGA:Wajib Coba! Nasi Tumpeng Khas Jawa, Gurih dan Enak

Sedangkan untuk sambal campuran seruit biasanya adalah cabai merah, cabai kecil, garam, michi, poturi dan sambal terasi Bahan cabai tersebut kemudian digiling sampai menjadi halus.

Untuk jenis ikannya, Seruit menggunakan ikan air tawar seperti ikan belida, baung, layis, ikan mas dan ikan patin. Ikan ini bisa disajikan secara terpisah dengan sambal seruit, di bagian atasnya dibaluri dengan sambal, atau juga bisa menggunakan sambal yang disuwir lalu dicampurkan dengan sambal. 

Seruit terbuat dari ikan yang dibakar yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabai, bawang merah, terasi, gula putih, garam, mangga kuini dan tomat. Jika kamu ingin lebih nikmat, bisa disantap dengan nasi putih yang masih hangat.

Sedangkan sayuran atau lalapan bisa berupa daun singkong, daun pepaya, terong hijau, kangkung atau bayam. Sayuran biasanya dimasak terlebih dahulu. Banyak juga yang menambahkan timun, jengkol, kacang panjang, wortel, dan daun kemangi yang disajikan mentah.

Sumber: