Ini dia Jenis Hp yang Laku Keras, Sudah Terjual Hingga 2 Miliar

Ini dia Jenis Hp yang Laku Keras, Sudah Terjual Hingga 2 Miliar

ilustrasi jenis hp yang laris terjual--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSekitar dua miliar ponsel 5G terjual pada kuartal keempat tahun 2023 di seluruh dunia. Kontribusi terbesar datang dari ponsel dengan harga di atas $600 atau sekitar Rs 9,3 juta.

Laporan Counterpoint dari Global Market Monitoring Service menunjukkan bahwa pengiriman ponsel 5G didominasi oleh pasar nasional maju. Mulai dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan Eropa Barat.

BACA JUGA:Redmi A3 yang Didesain Ala Xiaomi 14 Ultra Resmi Tersedia di Indonesia, Dibanderol Jutaan

“Apple dan Samsung adalah merek ponsel pintar 5G terkemuka, dengan total pengiriman lebih dari 1 miliar unit,” kata Counterpoint, mengutip Senin (26 Februari 2024). 

Apple sendiri dalam laporannya menyebutkan iPhone 12 mendorong adopsi jaringan 5G di pasar global sebanyak 100 juta unit dalam satu kuartal. Generasi ini merupakan iPhone pertama yang mendukung 5G.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gadget Agar Puasa Produktif di Bulan Ramadan

Kesenjangan harga antara ponsel 5G dan 4G akan terus mengecil. Perusahaan memilih komponen untuk mempertahankan bill of material (BOM).

Raksasa chipset seperti Mediatek dan Qualcomm juga membantu produsen menurunkan harga ponsel 5G. Kedua perusahaan terkenal menyediakan chipset 5G di segmen kelas bawah.

Di pasar negara maju, fitur 5G di perangkat kelas menengah banyak dicari oleh produsen ponsel terintegrasi. Pasalnya, kontribusi di negara-negara tersebut sudah mencapai titik jenuh, mencapai 80% pada tahun lalu.

BACA JUGA:HP Nokia Akhirnya Tutup Usia, Penggantinya Diumumkan

Dari tingkat kontribusi, harga di atas 600 USD (Rp 9,3 juta) berada di posisi teratas yaitu 97%. Berikutnya adalah kisaran harga dari 500 USD hingga 599 USD (Rp 7,8 juta - Rp 9,3 juta) pada 93%.

Sedangkan kisaran harga adalah 400 USD pada 499 USD (Rp 6,2 juta - 7,8 juta Rp) ). juta) hingga 89%. Berikutnya US$250 hingga 399 (Rp 3,9 juta hingga Rp 6,2 juta) atau 86

BACA JUGA:Diantara Ponsel Android dan iPhone, Mana yang Paling Banyak Digunakan? Cek di Sini!

Sumber: