Unik! Inilah Ampo Makanan yang Terbuat dari Tanah, Khas Tuban

Unik! Inilah Ampo Makanan yang Terbuat dari Tanah, Khas Tuban

makanan ampo khas tuban--tirto.id

BACA JUGA:Gurih dan Renyah! Belalang Goreng dari Ujungjaya Sumedang

Membuat ampli sangat sederhana dan mudah. Namun tanah yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan ampli tidak bisa sembarangan, melainkan harus berupa tanah liat lunak, tanpa pasir, kerikil, dan batu.

Produsen kemudian membentuk kotak atau pasta lain dari tanah yang dikumpulkan menjadi bentuk tertentu, menambahkan air secukupnya agar campuran tanah menjadi seragam dan tidak menempel di tangan. 

Untuk adonan berbentuk persegi, tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam tanah, sesekali dipukul dengan alat seperti palu kayu besar. 

Jika adonan berbentuk persegi sudah matang, langkah selanjutnya adalah mengikis atau mengikis bagian atas adonan sedikit demi sedikit dengan menggunakan bilah pisau bambu. 

BACA JUGA:Siapa Sangka, Nasi Uduk di Bogor Ini Sudah Buka Sejak 1890, Yuk Simak!

Kepingan giling berbentuk tongkat pepat berukuran 6-8 cm yang dihasilkan disebut ampul. Lampu tersebut kemudian dikumpulkan dan ditempatkan dalam semacam pot tanah liat untuk dibakar di atas tungku kayu.

Bagi yang penasaran, apalagi yang belum mencoba Ampo, bisa mencari informasi lebih lanjut atau bahkan mencoba membuatnya di rumah. Siapa tahu Ampo bisa menjadi salah satu masakan favorit Anda, unik dan berbeda dari yang lain.

Sumber: