5 Cara Mencuci Baju Rajut Agar Tidak Mudah Rusak dan Melar

5 Cara Mencuci Baju Rajut Agar Tidak Mudah Rusak dan Melar

ilustrasi cara mencuci baju rajut agar tidak melar--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBaju rajut merupakan salah satu fashion item yang bisa dikenakan sehari-hari, apalagi di musim hujan. Rajutan banyak digemari karena mudah dan nyaman dipakai.

Bagi yang memakainya, rajutan bisa menjadi alternatif pengganti atasan tertutup. Pakaian rajut pun kini memiliki berbagai macam potongan, warna, dan desain yang disukai para pembajak.

Tentunya, dibalik gayanya yang nyaman, pakaian rajut juga harus dijaga agar tidak melar dan kusut. Bagaimana cara merawat pakaian rajut?

1. Baca label perawatan

BACA JUGA:Dede Sunandar Didiagnosis Menderita Pneumonia, Badannya Lemas dan Sulit Berjalan

Menurut Allyssa Hawad, pendiri Yarn Needles, setiap kemeja biasanya dilengkapi dengan kain lap atau label yang berisi petunjuk perawatan. Label ini dapat memudahkan dalam merawat pakaian yang terbuat dari bahan tertentu.

"Baju yang terbuat dari benang jarum terdapat kain lap, setiap baju terdapat petunjuk perawatan, penyetrikaan dan pencucian. Karena setiap bahan mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda, " kata Allyssa saat Wolipop ditemui di acara ulang tahun ke-4 Thread After the Needle 4everForward baru-baru ini.

Allyssa Hawadi menjelaskan bahwa setiap bahan pakaian membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Ada yang perlu menggunakan air dingin, air panas, dry cleaning, dan tidak bersentuhan dengan air.

2. Rajutannya jangan digantung

BACA JUGA:Potret Raffi-Nagita dan Ayana Moon Menjadi Muslim Pertama di Asia: Jadi Duta Madrid Turismo Spanyol

Allyssa bilang kalau mau simpan rajutannya jangan digantung. Sebab, bahan rajutnya alami longgar dan lentur.

"Agar pakaian dirawat maksimal. Tidak perlu digantung agar baju awet," jelasnya.

3. Gunakan kantong jaring saat mencuci pakaian rajut.

Allyssa juga menjelaskan bahwa jika mencuci pakaian rajut di mesin cuci, Anda bisa menggunakan saringan jaring atau tas.

Sumber: