8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

ilustrasi bekas jerawat--freepik

Perawatan menghilangkan noda pada wajah ini dapat dilakukan hingga tiga kali seminggu untuk meminimalkan risiko iritasi.

BACA JUGA:Sehat Tanpa Obat, Ini dia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

5. Dermabrasi

Dermabrasi adalah metode menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan alat khusus untuk mengikis permukaan luar kulit untuk menggantikan lapisan kulit yang rusak. 

Hasil dari perawatan kulit ini biasanya terlihat setelah 10 hari hingga 3 minggu. Selain menghilangkan bekas jerawat, dermabrasi dapat mengatasi banyak masalah kulit lainnya, seperti komedo, garis-garis halus, kerutan, dan bekas luka operasi atau cedera.

6. Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah mikrodermabrasi. Prosedur perawatan kulit ini dilakukan dengan menyemprotkan bahan abrasif seperti aluminium oksida atau kristal bikarbonat kecil untuk mengoptimalkan proses pengelupasan sel kulit mati.

BACA JUGA:Berikut 6 Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengobatinya

Sel kulit mati yang terkelupas kemudian dibersihkan dengan alat khusus seperti penyedot debu.

7. Pijat wajah

Pijat wajah diketahui dapat membantu mengoptimalkan proses penutupan bekas jerawat baru, karena dapat meningkatkan sirkulasi pada wajah dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Sebelum memijat wajah, pastikan tangan dalam keadaan bersih untuk menghindari perpindahan bakteri penyebab jerawat ke wajah.

8. Menggunakan Aloe Vera

Selain memijat wajah, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami lainnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. 

Aloe Vera mengandung senyawa asam salisilat yang membersihkan sel kulit mati dari pori-pori sehingga membantu menutupi bekas jerawat. 

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung polisakarida dan sterol yang mampu menjaga kelembapan alami kulit serta menjadikan kulit lebih bersih dan sehat.

Sumber: