Gerhana Matahari di 15 Ramadhan: Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi? Berikut Ungkap Habib Umar

Gerhana Matahari di 15 Ramadhan: Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi? Berikut Ungkap Habib Umar

ilustrasi gerhana matahari--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTanda-tanda bumi memasuki akhir zaman yaitu dengan munculnya Muhammad bin Abdullah atau dikenal dengan nama Imam Mahdi atau Al Mahdi.

Salah satu tanda awalnya yakni terjadinya gerhana matahari di 15 Ramadhan ini. Sebelumnya, selama ini gerhana matahari sering terjadi pada tanggal 9 di awal bulan atau 30 di akhir berdasarkan penanggalan hijriah.

Sementara untuk diketahui mengenai keberadaan dari Imam Mahdi, dimana dikabarkan akan hidup selama 7 atau 8 tahun lamanya sebagaimana diriwayatkan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad.

Rasulullah SAW bersabda, berdasarkan yang disampaikan oleh Abu Said al Khudri RA,

BACA JUGA:Sebentar Lagi Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Berikut 3 Jurusan Yang Berpeluang Untuk Menjadi ASN !

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Pada saat itu Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, dan secara merata harta akan dibagikan. Semakin banyaknya binatang ternak, begitu pula umat akan bertambah besar. Hidup Imam Mahdi yakni selama 7 atau 8 tahun," -HR Al Hakim.

Sekalipun masih adanya perdebatan di kalangan umat Muslim perihal kapan Imam Mahdi muncul, Habib Umar bin Hafidz yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Dar-al Musthafa, Yaman,  menerangkan bahwa salah satu tanda kemunculannya.

Sebelum memberikan penjelasan terkait satu tanda kemunculan Imam Mahdi, Habib Umar mengungkapkan, bahwa selama ini gerhana matahari sering terjadi pada tanggal 9 di awal bulan atau 30 pada akhir bulan menurut penanggalan Hijriah. 

“Tidak pernah terjadi gerhana matahari kecuali tanggal 9 atau 30 bulan Hijriah, dan pada masa yang akan datang, gerhana yang muncul ini akan menyalahi kebiasaan,” ungkap Habib Umar dikutip dari ungahan video Instagram @cahaya_tarim, Jum'at 15 Maret 2024.

BACA JUGA:Aturan Pengeras Suara Masjid dari PBNU Hingga Muhammadiyah

Habib Umar berpendapat, bahwa terkait adanya fenomena pertama yang dapat diyakini sebagai tanda Imam Mahdi telah muncul yaitu dengan adanya gerhana matahari yang terjadi selain dari tanggal 9 dan 30 di bulan Hijriah.

“Gerhana matahari ini nanti akan terjadi pada tanggal 15 Ramadhan dan ini belum pernah terjadi sebelumnya, dimana gerhana matahari yang terjadi di pertengahan bulan Hijriah,” terusnya.

Habib Umar meneruskan, bahwa gerhana matahari di pertengahan bulan Hijriah tersebut merupakan salah satu tanda akan munculnya Imam Mahdi. Usai tahun tersebut, Imam Mahdi akan muncul.

“Imam Mahdi akan dibaiat di antara Rukun dan Makam di Kabah,” terangnya.

Sumber: