Tidak Validasi Ulang Daftar Mudik Gratis, Kemenhub Akan Blacklist Warga yang Lebih dari 1 Penyelenggara

Tidak Validasi Ulang Daftar Mudik Gratis, Kemenhub Akan Blacklist Warga yang Lebih dari 1 Penyelenggara

ilustrasi mudik gratis 2024--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTidak melakukan validasi ulang mudik gratis lebaran, maka Kementerian Perhubungan RI bakal melakukan blacklist terhadap nomor induk kependudukan (NIK) warga tersebut.

Pada periode mudik Lebaran tahun inilah, kebijakan mulai untuk diterapkan.

"Makanya, tahun ini kami membuat notifikasi. jika tahun ini mendaftar dan tidak dipakai, maka akan di-blacklist. NIK-nya akan kami kunci dan kalau ada mudik gratis atau kegiatan lain, dia tidak akan bisa lagi mendapatkan kesempatan," ujar Amirullah, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dikutip dari detik.com, Sabtu (23/3/2024).

Disampaikan juga oleh Amirullah, bahwa setiap tahunnya, terdapat banyak instansi maupun perusahaan swasta yang menyelenggarakan program mudik gratis.

BACA JUGA:Dibuka Hari Ini! Rekurtmen Bersama BUMN 2024, Berikut Cara Daftar, Syarat dan Link Pendaftaran

Namun, tak sedikit juga masyarakat yang melakukan lebih dari satu penyelenggara saat mendaftar program tersebut dan pada akhirnya hanya melakukan validasi di salah satu program saja.

"Untuk tahun ini lebih banyak penyelenggara mudik gratis. Berhubung gratis, ada satu kebiasaan masyarakat yang tidak baik. Mereka mendaftar di seluruh penyelenggara mudik gratis," ujarnya.

Amirullah menuturkan, bahwa pada tahun 2023 saja, ada sekitar 1.500 orang yang mendaftar di penyelenggara yang berbeda.

Pada kondisi ini yang akan menyebabkan sebanyak 1.500 kursi bus kosong dan tak terisi penumpang.

BACA JUGA:Lion Air Hadapi Polemik Harga Tiket: Transparansi dan Dialog Terbuka Demi Mudik Lebaran yang Terjangkau

"Dari tiga penyelenggara, kami minta datanya, rupanya ada sebanyak 1.500 orang yang mendaftar di penyelenggara berbeda. Hal ini perlu dilakukan penekanan untuk kita semua, kalau sudah dapat di satu tempat, bisa memberi kesempatan yang lain untuk mendapatkan," jelasnya.

Maka dari itu, Kemenhub akan memastikan dan akan memasukkan penumpang ke dalam daftar hitam yang mendaftar lebih dari satu penyelenggara.

Sehingga, ia tidak akan bisa mendaftar program mudik gratis pada periode setelah ini.

"Jadi di tahun ini kami, pendaftar akan kita beri notifikasi. Kalau tidak diambil, maka akan di-blacklist dia selamanya," tegasnya.

Sumber: