Ancaman Sesar Sumatera Nyata! BMKG Ingatkan Warga Agar Tetap Waspada

Ancaman Sesar Sumatera Nyata! BMKG Ingatkan Warga Agar Tetap Waspada

Ilustrasi sesar Sumatera--Freepik

SILAMPARITV.CO.IDKembali diingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait sesar Sumatera nyata adanya.

BMKG mengingatkan khususnya kepada masyarakat yang ada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), untuk selalu waspada.

Hal ini penting bagi masyarakat untuk mengambil langkah penting dalam menyiapkan langkah mitigasi.

Tidak ada hal lain selain untuk terus mewaspadai ancaman Sesar Sumatera.

BACA JUGA:VIRAL! Perempuan di Malang Ditangkap karena Tindakan Kecurangan Pada Beras Subsidi

"Saya mengingatkan kembali tepatnya pada perayaan Hari Meteorologi Dunia Ke-74 ini, bahwa Sesar Sumatera ini nyata, dan terdapat ancaman berupa sumber gempa di darat," terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dilansir dari laman Antara, Minggu 24 Maret 2024.

Ia menyebutkan, bahwa selama ini masyarakat dan pemerintah daerah di Provinsi Sumatera, khususnya Sumatera Barat (Sumbar) lebih banyak fokus atau mengetahui terkait upaya mitigasi terhadap ancaman gempa megathrust yang berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

Padahal, selain itu juga adanya ancaman gempa yang bersumber di darat yang diakibatkan oleh terjadinya Sesar Sumatera atau patahan Sumatera yang kapan saja bisa terjadi.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrim Diprediksi Masih Berlanjut, PLN Imbau Pelanggan Amankan Penggunaan Kelistrikan

Dijelaskan oleh Rahmat bahwa gempa bumi yang bersumber di darat diperkirakan tidak membutuhkan magnitudo besar namun dapat menimbulkan beberapa dampak yang bisa saja mengakibatkan kerusakan yang signifikan.

"Jadi, magnitudonya tidak harus besar. Magnitudo 6 saja sudah lumayan merusak," tegasnya.

Oleh karena itu, diingatkan kembali oleh BMKG bahwa masyarakat dan pemangku kepentingan terkait ancaman bencana tidak hanya terjadi di pantai utara Jawa atau pantai barat Sumatera.

Tetapi adanya juga sumber ancaman gempa yang nyata dari darat berkemungkinan besar akan alami potensi menimbulkan korban.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Gempa Bumi di Bengkulu Selatan Terasa Hingga Lubuklinggau, Kekuatan Gempa 5,6 SR

Sumber: