Sakit Gigi Saat Berpuasa Apakah Batal? Berikut Penjelasannya!

Sakit Gigi Saat Berpuasa Apakah Batal? Berikut Penjelasannya!

ilustrasi sakit gigi--freepik

BACA JUGA:4 Cara Menghilangkan Bekas Gatal - Gatal

Penting untuk memastikan bahwa obat tersebut tidak masuk ke dalam mulut atau ditelan.

- Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur antiseptik atau obat kumur yang diresepkan dokter dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi risiko infeksi.

- Menjaga Kebersihan Mulut

BACA JUGA:Strategi Kuat Mengatasi DBD: Rahasia Menaikan Trombosit dengan Makanan & Buah-buahan

Meskipun tidak mungkin untuk melakukan sikat gigi secara tradisional saat berpuasa, Anda masih dapat membersihkan mulut dengan menggunakan miswak atau berkumur dengan air garam untuk menjaga kebersihan mulut.

- Menghindari Makanan atau Minuman yang Panas atau Dingin

Makanan atau minuman yang panas atau dingin dapat meningkatkan rasa sakit pada gigi sensitif. Sebisa mungkin hindari makanan atau minuman dengan suhu ekstrem saat berpuasa.

Kapan Sakit Gigi Dapat Memaksa Membatalkan Puasa?

BACA JUGA:Terungkap! Kenali 3 Efek Samping Mengejutkan dari Madu Hitam Pahit

Ada situasi tertentu di mana sakit gigi atau pengobatan yang diperlukan untuk merawatnya dapat memaksa seseorang untuk membatalkan puasa. 

Misalnya, jika seseorang memerlukan perawatan medis yang melibatkan penggunaan obat-obatan yang harus diminum atau perawatan gigi yang memerlukan tindakan invasif, seperti pencabutan gigi, yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Merawat gigi sakit saat puasa bisa dengan berkumur, atau menaruh obat oles pada gigi asalkan dapat menghindari menelan zat apapun dalam obat tersebut, dikutip dari tribunnews.com, Selasa 26 Maret 2024.

Sakit gigi saat berpuasa diperbolehkan untuk tidak batal atau tetap berpuasa, asalkan pengaruh dari perawatan saat pengobatan tidak berlangsung sepanjang hari, misalnya dari subuh hingga magrib.

Sumber: