Waspada Cuaca Ekstrem: Tantangan dalam Perjalanan Mudik Lebaran 2024

Waspada Cuaca Ekstrem: Tantangan dalam Perjalanan Mudik Lebaran 2024

ilustrasi cuaca ekstrem mudik--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSetiap tahunnya, momen Lebaran menjadi waktu yang dinanti-nantikan oleh jutaan orang di Indonesia. Tradisi mudik menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan tersebut.

Namun, di tengah euforia menyambut Lebaran, kita perlu sadar akan potensi tantangan yang mungkin menghadang, terutama terkait dengan cuaca ekstrem yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lembaga yang bertanggung jawab atas pemantauan dan prediksi cuaca di Indonesia, telah mengeluarkan peringatan tentang potensi cuaca ekstrem yang masih mungkin terjadi selama masa mudik Lebaran tahun 2024.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menegaskan pentingnya kewaspadaan dari seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi.

BACA JUGA:Siap-siap! Bakal Ada Ledakan Matahari 8 April Nanti Saat Gerhana Total

Menurut Dwikorita, dinamika atmosfer di Indonesia sangatlah kompleks dan dinamis. Hal ini menyebabkan cuaca bisa berubah dengan sangat cepat dan tanpa peringatan sebelumnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak mengabaikan peringatan ini dan selalu siap sedia menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Risiko dan Dampak Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem dapat memiliki dampak yang sangat serius terhadap kegiatan perjalanan, terutama dalam masa mudik Lebaran yang biasanya diwarnai dengan padatnya lalu lintas dan banyaknya orang yang bepergian. Beberapa risiko dan dampak dari cuaca ekstrem yang perlu diperhatikan antara lain:

BACA JUGA:Cuaca Ekstrim Diprediksi Masih Berlanjut, PLN Imbau Pelanggan Amankan Penggunaan Kelistrikan

1. Keterlambatan Perjalanan

Cuaca buruk seperti hujan deras, angin kencang, atau bahkan badai dapat menyebabkan keterlambatan dalam perjalanan. Hal ini tentu akan berdampak pada rencana perjalanan dan bisa memengaruhi kehadiran kita di tempat tujuan tepat waktu.

2. Kecelakaan dan Kerugian

Cuaca ekstrem juga meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Jalanan yang licin akibat hujan atau angin kencang dapat membuat pengendara kehilangan kendali atas kendaraannya. Kecelakaan yang terjadi tidak hanya membahayakan nyawa, tetapi juga dapat menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar.

Sumber: