Transparansi dan Tindakan Tegas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Berantas Calo Tiket Mudik Lebaran 2024

Transparansi dan Tindakan Tegas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Berantas Calo Tiket Mudik Lebaran 2024

Foto kermaian stasiun --

SILAMPARITV.CO.ID - Tinggal beberapa bulan lagi menuju momen Lebaran 2024, tetapi kekhawatiran akan praktek calo tiket mudik kembali mencuat.

Namun, PT Kereta Api Indonesia (KAI) buka suara dengan tegas dan transparan menanggapi unggahan di media sosial yang mengklaim sebagai pejabat KAI dan menawarkan tiket mudik.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menegaskan bahwa pemilik akun tersebut bukanlah pejabat KAI.

"Nama Nabil Hanif di bagian Unit Sumber Daya Manusia (SDM) tidak ada," kata Ixfan, menegaskan bahwa KAI tidak mentoleransi praktik penipuan semacam itu.

BACA JUGA: Mengokohkan Keharmonisan dan Kesucian Ramadan di Surabaya Dengan Melakukan Operasi Pekat

KAI menjelaskan bahwa pemilik akun media sosial tersebut hanya mengaku-ngaku sebagai karyawan PT KAI dengan menyantumkan keterangan 'Ketua PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta' pada kolom bio-nya.

Tindakan semacam ini jelas merugikan para calon penumpang dan merusak reputasi perusahaan.

KAI tidak tinggal diam. Perusahaan ini telah menghubungi pemilik akun sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengambil langkah-langkah tegas untuk mencegah praktik-praktik penipuan semacam ini di masa mendatang.

Ixfan menegaskan bahwa tidak ada pegawai PT KAI Daop 1 Jakarta yang terindikasi menjadi calo tiket mudik. Namun, apabila ada petugas yang terbukti melakukan praktik percaloan, PT KAI Daop 1 Jakarta akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku, bahkan hingga pemberhentian dengan tidak hormat.

BACA JUGA: Tips Menghindari Penumpukan Kendaraan di Jalan Tol

Kebijakan KAI yang tidak mentoleransi praktek percaloan tiket mudik Lebaran 2024 adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Bagi siapa saja yang mengetahui pekerja PT KAI Daop 1 Jakarta, silakan langsung melaporkan ke kami dengan jelas dan lengkap," ujar Ixfan, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam memerangi praktik penipuan semacam ini.

PT KAI juga telah menerapkan sistem ticketing secara online dan transparan untuk meminimalisir tindak kecurangan penjualan tiket mudik menggunakan calo.

BACA JUGA:Kisah Sukses Pasar Murah Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza di Surabaya

Sumber: