Erupsi Rabu Pagi Ini, Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Erupsi Rabu Pagi Ini, Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

gunung ibu kembali erupsi --

SILAMPARITV.CO.IDGunung Ibu yang terletak di provinsi Maluku Utara alami erupsi pada Rabu pagi, 3 April 2024 kisaran pukul 08.28 WIT.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), teramati Gunung Ibu meluncurkan abu vulkanik hingga setinggi 800 meter di atas puncak, atau kisaran 2.125 meter di atas permukaan laut.

Terpantau kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tipis, sementara ke arab barat daya cukup tebal.

Letusan Gunung Ibu terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 25 milimeter dan durasi 268 detik.

BACA JUGA:Kesigapan Heroik Regu Piket Batalyon B Pelopor dari Laka Tunggal Avanza Petanang

Masyarakat umum dan wisatawan  di sekitar Gunung Ibu diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 km dan fan area 3,5 km menuju kawah aktif utara Gunung Ibu.

Saat hujan abu, orang yang bekerja di luar rumah disarankan untuk melindungi hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Selain itu juga, seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong alias hoaks, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

Berdasarkan dari data sepanjang 2024, tercatat bahwa Gunung Ibu sudah meletus sebanyak 54 kali. Hingga sampai saat ini, Rabu, 5 April 2024, Gunung Ibu masih luncurkan abu, dan saat ini masih berstatus Waspada (Level II).

BACA JUGA:Solidaritas Warga Berjaya, Api Dihempas sebelum Merenggut Nyawa di Desa Ujung Alih

Sumber: