6 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Lebih Saat Hari Libur Lebaran

6  Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Lebih Saat Hari Libur Lebaran

--

4. Smoothie buah beri merupakan pilihan yang kaya akan antioksidan dan serat. Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, dan jenis buah beri lainnya mengandung senyawa anthocyanin yang kuat sebagai antioksidan, membantu menurunkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:Desa Wisata Tersembunyi di Bengkulu Berusia 93 Tahun! Terletak di Perbukitan dan Lembah, Raih Penghargaan ADWI

Campurkan sekitar 80 gram buah beri dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yoghurt dan 1/2 cangkir air dingin untuk membuat smoothie.

5. Minuman cokelat hitam mengandung kakao yang kaya akan flavonoid, jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung 450 mg flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

BACA JUGA:Wisata Asyik Buat Anak, Wisata Berlibur di Bird Park Palembang

Pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-80 persen untuk mendapatkan manfaatnya tanpa terlalu banyak gula.

6. Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lainnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa memberi tikus air minum yang diresapi dengan katekin dan epigallocatechin gallate, antioksidan dalam teh hijau, menghasilkan penurunan kadar kolesterol jahat sekitar 14,4% - 30,4% dalam 56 hari pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol. 

BACA JUGA:Wisata Asyik Buat Anak, Wisata Berlibur di Bird Park Palembang

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengonfirmasi efek ini. Teh hitam juga dapat berdampak positif pada kolesterol, meskipun pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan teh hijau.

BACA JUGA:Antisipasi Terbaru: HP yang Akan Dirilis di Indonesia pada Mei 2024

Sumber: