Penjualan iPhone Turun, Huawei Melonjak: Dinamika Pasar Ponsel China di Q1 2024

Penjualan iPhone Turun, Huawei Melonjak: Dinamika Pasar Ponsel China di Q1 2024

--

SILAMPARITV.CO.IDApple mengalami penurunan yang signifikan dalam posisinya di pasar ponsel China dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara Huawei semakin kuat dan hampir mengejar posisi Apple.

Menurut laporan dari Counterpoint Research, penjualan iPhone di China turun sebanyak 19% selama kuartal pertama tahun 2024, mencatat performa terburuk Apple di China sejak tahun 2020.

Pangsa pasar Apple di China turun menjadi 15,7% pada Q1 2024, menyebabkan posisinya di pasar ponsel China turun ke peringkat ketiga. Sebaliknya, pada periode yang sama tahun sebelumnya, Apple memimpin pasar ponsel China dengan pangsa 19,7%.

Sementara itu, penjualan Huawei meningkat sebesar 70%, dan saat ini mereka menduduki posisi keempat. Pangsa pasar Huawei juga naik dari 9,7% pada periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 15,5%.

BACA JUGA:Resmi Meluncur, 3 Smartphone Pertama HMD Tanpa Merek Nokia

Menurut Ivan Lam, Senior Research Analyst dari Counterpoint Research, penjualan Apple melemah karena Huawei kembali bersaing di segmen premium, dan permintaan untuk penggantian iPhone juga menurun.

Lam menyarankan bahwa Apple masih memiliki kesempatan untuk bangkit di China dengan menghadirkan pilihan warna baru untuk iPhone, memberikan diskon besar, dan memperkenalkan fitur kecerdasan buatan (AI) baru di event WWDC 2024.

China merupakan pasar terbesar ketiga bagi Apple, menyumbang sekitar 17% dari total pendapatan perusahaan pada kuartal sebelumnya.

Namun, dominasi Apple di China mulai tergerus karena berbagai faktor seperti larangan penggunaan iPhone untuk pegawai pemerintah dan kehadiran ponsel terbaru dari Huawei.

BACA JUGA:Turun Harga Hingga 1 Jutaan di April 2024, Ini dia HP Samsung Galaxy A34 5G Performa Tetap Juara

Laporan dari Counterpoint ini muncul beberapa hari setelah laporan lain dari IDC yang menyatakan pengapalan iPhone secara global turun 10% pada Q1 2024. Secara keseluruhan, penjualan ponsel di China tumbuh 1,5% di kuartal pertama, dengan Vivo dan Honor memimpin dari segi pangsa pasar.

Sumber: