6 Manfaat Ketumbar Jarang Diketahui yang Perlu Anda Tahu

6 Manfaat Ketumbar Jarang Diketahui yang Perlu Anda Tahu

ketumbar--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Ketumbar yang juga dikenal sebagai Coriandrum sativum, adalah tumbuhan yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Selain memberikan rasa yang unik pada hidangan, ketumbar juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sering kali terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi enam manfaat jarang diketahui dari ketumbar yang mungkin akan membuat Anda terkejut.

1. Menyokong Sistem Pencernaan yang Sehat

Ketumbar mengandung serat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mempromosikan pencernaan yang lancar dan mencegah sembelit. Selain itu, Ketumbar juga dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan perut kembung.

2. Menyediakan Antioksidan yang Kuat

BACA JUGA:Mengungkap Efek Menggunakan Masker Wajah hingga Pagi

Mengandung sejumlah antioksidan, termasuk vitamin C dan flavonoid, ketumbar dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

3. Mendukung Kesehatan Jantung:

Komponen dalam ketumbar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan potasium dalam ketumbar membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

4. Menyegarkan Napas

BACA JUGA:Menjadi Cantik dari Dalam dan Luar: Kunci Utama untuk Kesejahteraan Perempuan

Selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan, ketumbar juga dikenal karena sifat penyegar napasnya. Mengunyah biji ketumbar atau minum teh ketumbar dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

5. Membantu Mengelola Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ketumbar dapat membantu mengelola kadar gula darah. Senyawa-senyawa dalam ketumbar diyakini meningkatkan sensitivitas insulin, membantu tubuh menggunakan gula darah dengan lebih efisien.

6. Meredakan Gejala Asma

Sumber: