Pesawaat Jemaah Haji Makassar Sempat Terbakar Usai Take Off, Kemenhub Berikan Inspeksi Khusus

Pesawaat Jemaah Haji Makassar Sempat Terbakar Usai Take Off, Kemenhub Berikan Inspeksi Khusus

Tangkapan kayar dari video penampakan mesin pesawat terbakar di udara--

SILAMPARITV.CO.IDKementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan khusus terhadap perbaikan pesawat jemaah haji Makassar kloter 5, yang terbakar di udara pada Rabu sore (15/5/2024). 

Kepala Departemen Kerja Sama Internasional, Humas dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Mokhammad Khusnu, mengatakan, pemeriksaan dilakukan setelah Kementerian Perhubungan mendapat laporan adanya pendaratan darurat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 1105. 

“Saat ini pengawas lalu lintas udara sedang melakukan pemeriksaan khusus terhadap perbaikan (prosedur perawatan) mesin pesawat nomor 4 tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, seraya menyebutkan terpaksa dilakukan pendaratan darurat karena mesin tersebut. 

BACA JUGA:Kelas 1, 2 dan 3 BPJS Kesehatan akan diganti dengan KRIS, Begini Kata Menkes

Pesawat nomor 4 terbakar 10 menit setelah lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Demi keselamatan penerbangan, pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat atau return to base (RTB) di Bandara Sultan Hasanuddin, ujarnya.

Meski mengalami kejadian tersebut, Boeing 747-400 akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 17.07 WITA setelah 30 menit mengudara.

Penerbangan GA-1105 berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Medina pada pukul 21.10 waktu setempat. 

BACA JUGA:Tukang Cilok Naik Haji Tahun Ini Gantikan Ayahnya Usai Nabung 4 Tahun

Penerbangan tersebut sedikitnya membawa 450 penumpang, termasuk rombongan calon jemaah haji asal Makassar dan 18 awak pesawat. Setelah seluruh penumpang selamat, calon jemaah haji diantar kembali ke Asrama Haji Makassar. 

“Kedepannya akan disiapkan pesawat pengganti dan proses izin terbangnya. Rencananya terbang pukul 16.00 UTC atau 22.00 WITA," ujarnya.

Secara khusus, General Manager Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dengan selamat. 

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari penerbangan ini kepada seluruh jamaah haji dan juga kepada Kementerian Agama RI selaku penyelenggara haji,” ujarnya, Rabu saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:Kapan CPNS 2024 Dibuka? Ini Jadwal dan Cara Daftar di sscasn.bkn.go.id

Sumber: