Latihan Soal Ujian Akhir Modul Pedagogik PPG Daljab PAI Kemenag 2025 Tersedia, Simak Selengkapnya!
Latihan Soal Ujian Akhir Modul Pedagogik PPG Daljab PAI Kemenag 2025 Tersedia, Simak Selengkapnya!--ist
SILAMPARITV.CO.ID - Kabar baik bagi para guru peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2025 di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Latihan soal untuk menghadapi Tes Akhir Modul (TAM) Pedagogik kini telah tersedia secara lengkap. Soal-soal ini dirancang khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan diambil langsung dari Topik 1 hingga Topik 8 yang terdapat dalam modul Pedagogik pada platform LMS PPG.
Latihan soal ini merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat untuk membantu guru dalam memahami materi pedagogik secara lebih mendalam serta mempersiapkan diri secara maksimal menghadapi ujian akhir. Adapun soal-soal tersebut dapat diakses melalui kanal YouTube Kang UY, yang secara rutin membagikan konten edukatif terkait pelaksanaan PPG.
Dalam suatu kelas, siswa diminta menyelesaikan permasalahan sosial mengenai maraknya perundungan di media sosial. Guru membagi siswa dalam kelompok dan meminta mereka menyusun solusi dalam bentuk kampanye digital. Pendekatan yang digunakan oleh guru adalah...
a. Discovery Learning
b. PjBL
c. PBL
d. TPACK
e. DBL
Seorang guru memberikan proyek pada siswa untuk membuat kampanye anti-korupsi berbasis nilai-nilai Islam. Dalam hal ini, guru menerapkan pendekatan yang mengintegrasikan...
a. Etika sosial dan pembelajaran aktif
b. Moralitas dan supervisi
c. PjBL dan karakter
d. Problem solving dan digitalisasi
e. PBL dan pendidikan karakter
Dalam kelas 8, ada siswa yang lambat menyerap materi tentang zakat, sementara yang lain cepat menguasainya. Guru memberikan materi tambahan secara visual pada kelompok pertama. Tindakan guru mencerminkan...
a. Pendidikan individual
b. Supervisi reflektif
c. Pendekatan DBL
d. Model klasik Islami
e. Inklusi sosial
Guru merancang aktivitas berbeda berdasarkan minat siswa: membuat infografis, presentasi lisan, dan esai. Strategi ini menyesuaikan dengan aspek...
a. Profil belajar
b. Asesmen sumatif
c. Nilai-nilai Islam
d. Teknologi dan moral
e. Kebutuhan regulatif
Seorang guru menggunakan platform interaktif seperti Wordwall untuk mengajarkan fiqih. Praktik ini mencerminkan integrasi dari...
a. Konten dan karakter
b. TPACK (teknologi, pedagogik, konten)
c. Supervisi klinis
d. Pendekatan reflektif
e. Strategi klasikal
Di kelas daring, guru mengajar tentang sejarah Islam dengan video animasi dan menugaskan kuis interaktif. Hal ini merupakan penerapan...
a. DBL
b. PK dalam TPACK
c. TK dalam TPACK
d. PCK
e. TCK dalam TPACK
TOPIK 4: Deep Learning
BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Fenomena Langka Parade 4 Planet Hiasi Langit Indonesia pada 17 April 2025
Dalam pembelajaran akidah, siswa diminta merenung dan menuliskan makna keimanan terhadap Allah dalam kehidupan mereka. Ini merupakan ciri dari...
a. Mindful learning
b. Joyful learning
c. Creative learning
d. Problem solving
e. Adaptive education
Seorang guru PAI meminta siswa membuat jurnal pribadi tentang pengalaman spiritual mereka selama Ramadan. Ini adalah pendekatan...
a. Formatif dan sumatif
b. Meaningful learning
c. Pembelajaran berbasis masalah
d. Behavioristik
e. Reflektif
Dalam sebuah sesi BK, guru membantu siswa mengekspresikan keresahannya karena tekanan ujian. Guru memberi solusi secara bertahap. Guru menerapkan...
a. Pendekatan teknis
b. Konseling humanistik
c. Supervisi klasik
d. DBL
e. Simulasi studi kasus
Seorang guru mengobservasi siswa yang sulit bersosialisasi lalu membuat simulasi peran di kelas. Ini contoh dari strategi...
a. Umpan balik
b. Observasi tidak langsung
c. Role-playing
d. Analisis formatif
e. Asesmen sumatif
Guru mengatur ulang tempat duduk agar siswa tuna daksa dapat mengakses ruang kelas dengan nyaman. Prinsip pendidikan inklusi yang diterapkan adalah...
BACA JUGA:Saldo Gratis Rp299.000 dari Fitur DANA Kaget! Simak Cara Klaimnya Sekarang Sebelum Kehabisan
BACA JUGA:Tinggalkan Rebahin & LK21! Film Sinners Lebih Seru Kalau Nonton Legal di Sini
a. Kesetaraan peluang
b. Adaptasi individu
c. Penyesuaian kurikulum
d. Pendidikan sosial
e. Teknologi digital
Dalam satu kelas, terdapat anak dengan autisme ringan. Guru menugaskan temannya sebagai buddy untuk mendampingi belajar. Pendekatan ini mencerminkan...
a. Supervisi klinis
b. Strategi berbasis masalah
c. Pendidikan inklusi kolaboratif
d. DBL adaptif
e. Simulasi peran sosial
Seorang guru mengalami kesulitan membangkitkan perhatian siswa terhadap kajian akhlak. Ia akhirnya menggunakan TikTok untuk menyampaikan konten nilai-nilai Islam. Hal ini menunjukkan strategi sesuai karakter...
a. Gen X
b. Gen Y
c. Gen Z
d. Baby boomer
e. Generasi veteran
Ketika siswa lebih suka mencari jawaban lewat AI daripada bertanya ke guru, guru membuat aktivitas diskusi dan eksplorasi. Strategi ini mendukung...
a. Kecemasan digital
b. Adaptasi teknologi
c. Kecanduan AI
d. Gaya belajar linier
e. Gaya belajar Gen Alpha
Di sekolah berbasis digital, guru dituntut mampu menggunakan AI untuk menilai hasil ujian. Ini mencerminkan kompetensi...
a. Sosial
b. Profesional
c. Kepribadian
d. Pedagogik
e. Normatif
Dalam pembelajaran daring, seorang guru menggunakan chatbot untuk membantu menjawab pertanyaan siswa di luar jam pelajaran. Ini adalah wujud...
a. Pembelajaran adaptif
b. Supervisi reflektif
c. Pendekatan psikologis
d. Inovasi pedagogik
e. Implementasi AI
Dalam satu pembelajaran PAI, guru memberi tugas membuat video kreatif tentang pentingnya menjaga wudu. Tindakan ini mencerminkan kombinasi antara pendekatan... a. DBL dan Supervisi
b. PBL dan Meaningful Learning
c. TPACK dan Joyful Learning
d. Inklusi dan Teknologi
e. BK dan Problem Solving
Seorang siswa penyandang disleksia merasa kesulitan memahami bacaan Al-Qur’an di kelas reguler. Guru memberikan audio tilawah dan latihan pengucapan. Tindakan ini merupakan contoh dari...
a. Supervisi Klasik
b. Tindakan Kurikulum Integratif
c. Strategi Inklusif Adaptif
d. Konseling Psikologis
e. Pembelajaran Berbasis Masalah
Saat membahas toleransi dalam Islam, guru memberi studi kasus tentang konflik antar siswa karena perbedaan keyakinan. Kemudian siswa diminta mencari solusi. Ini merupakan ciri dari...
a. Pembelajaran Berdiferensiasi
b. Supervisi Klinis
c. Deep Learning
d. PBL (Problem Based Learning)
e. Konseling Individual
Guru menyadari bahwa muridnya lebih cepat memahami pelajaran melalui animasi interaktif dan kuis daring. Strategi ini mencerminkan gaya belajar khas...
a. Generasi Y
b. Generasi X
c. Generasi Z
d. Generasi Baby Boomer
e. Generasi Millennial
Dalam refleksi kelas, seorang siswa mengungkapkan bahwa memahami rukun iman membantunya menjadi lebih tenang saat menghadapi masalah. Ini adalah tanda pembelajaran yang...
a. Instruksional
b. Reflektif
c. Teknokratik
d. Superfisial
e. Visual
Saat siswa menghadapi ujian madrasah, guru membuat sesi bimbingan spiritual tentang keikhlasan dan tawakal. Ini mendukung kompetensi...
a. Profesional
b. Emosional
c. Pedagogik
d. Kepribadian
e. Inklusif
Seorang guru menggunakan teknik roleplay untuk menanamkan nilai kejujuran dalam transaksi ekonomi Islam. Teknik ini termasuk...
a. Supervisi reflektif
b. Joyful learning
c. Pembelajaran Inklusif
d. Tindakan preventif
e. Mindful Islamic Learning
Untuk mengatasi siswa yang merasa tertinggal, guru membuat sesi tutorial digital via Google Meet dengan materi tambahan dan latihan pribadi. Ini bagian dari...
a. Pembelajaran inklusif
b. Asesmen sumatif
c. Supervisi individual
d. Tindakan remedial berbasis AI
e. Pembelajaran berdiferensiasi
Seorang siswa Gen Alpha diminta membuat podcast tentang akhlak terpuji. Ini menunjukkan bahwa guru memanfaatkan...
a. Media sosial sebagai hiburan
b. Teknologi untuk kontrol
c. Kecenderungan generasi dan teknologi digital
d. Supervisi individu
e. Budaya modern tanpa nilai
Dalam refleksi akhir semester, guru meminta siswa menilai efektivitas strategi pembelajaran PAI yang diterapkan. Tindakan ini menunjukkan pendekatan...
a. Konseling Klasikal
b. Supervisi Reflektif
c. Joyful Learning
d. Strategi Remedial
e. Evaluasi Sumatif
Siswa diminta membuat simulasi jual beli dalam Islam melalui platform virtual. Hal ini mengembangkan aspek...
a. Afektif dan sosial
b. Spiritual dan mental
c. Visual dan emosional
d. Interpersonal dan praktis
e. Kinestetik dan algoritmik
Guru menggunakan data hasil ujian online untuk merancang pembelajaran selanjutnya. Strategi ini mencerminkan kompetensi...
a. Sosial
b. Kepribadian
c. Pembelajaran berbasis data
d. Adaptasi pedagogik
e. Konseling teknis
Siswa membuat vlog pengalaman puasa di bulan Ramadan sebagai tugas akhir. Aktivitas ini bagian dari...
a. PBL
b. Joyful Learning
c. Deep Learning
d. TPACK
e. PjBL
Guru merancang pelajaran yang menyisipkan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari dan teknologi. Ini sesuai dengan...
a. Pendidikan berbasis lokal
b. TPACK Islami
c. Supervisi adaptif
d. DBL Sosiokultural
e. Strategi reflektif
Dalam satu pembelajaran daring, guru menggunakan polling digital untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang makna jujur dalam Islam. Praktik ini merupakan penerapan...
a. Evaluasi tertutup
b. TPACK berbasis data
c. Pembelajaran berdiferensiasi
d. Strategi reflektif
e. Supervisi klasikal
Guru melihat bahwa siswa lebih tertarik dengan penjelasan melalui video pendek daripada ceramah panjang. Maka guru mengubah metode ajarnya. Ini mencerminkan sikap...
BACA JUGA:Sriwijaya FC Mulai Persiapan Musim 2025/26, Fokus Bangun Tim dengan Putra Daerah dan Konsep Baru
BACA JUGA:Baim Wong dan Paula Verhoeven Resmi Bercerai, Terbukti Ada Pihak Ketiga dalam Rumah Tangga Mereka
a. Kolaboratif
b. Konservatif
c. Adaptif dan inovatif
d. Reflektif dan pasif
e. Tradisionalis
Dalam sesi kelas akhlak, guru mengajak siswa merenungkan peristiwa yang mereka alami terkait amanah. Ini strategi...
a. Joyful Learning
b. Supervisi reflektif
c. Mindful Learning
d. PBL
e. Inklusif moral
Siswa diminta membandingkan kisah Nabi Muhammad SAW dengan tokoh inspiratif masa kini dan menyajikannya dalam bentuk infografis. Ini termasuk pendekatan...
a. Berbasis teks
b. Problem solving
c. Meaningful project learning
d. Analisis naratif
e. Supervisi klasikal
Dalam satu diskusi, guru meminta siswa menjelaskan makna “sabar” berdasarkan pengalaman pribadi dan pandangan Islam. Aktivitas ini menekankan pada...
a. Emosi dan logika
b. Aspek afektif dan religius
c. Kecerdasan moral
d. Evaluasi kognitif
e. Perspektif behavioris
Di tengah kelas daring, guru menyisipkan kuis interaktif menggunakan Kahoot! untuk materi fiqih. Ini termasuk implementasi...
a. DBL
b. Pembelajaran kontekstual
c. PCK
d. TPACK
e. PBL
Seorang guru menyusun tugas akhlak bagi siswa yang berbasis jurnal reflektif tentang perilaku selama sepekan. Ini sejalan dengan konsep...
a. Meaningful and Deep Learning
b. Simulasi pembelajaran
c. Pembelajaran konvensional
d. Pembelajaran satu arah
e. PBL
Dalam pendekatan berdiferensiasi, guru memberikan pilihan tugas kepada siswa berupa menulis puisi Islami, membuat vlog, atau desain poster. Ini termasuk pada aspek diferensiasi...
a. Proses
b. Konten
c. Profil belajar
d. Produk
e. Konteks
Guru mendampingi siswa melalui observasi dan memberi masukan atas penampilan ceramah Jumat mereka. Ini bagian dari...
a. Evaluasi formatif
b. Supervisi klinis
c. Konseling sosial
d. Refleksi naratif
e. Analisis interaktif
Seorang guru memberikan proyek membuat poster digital tentang hadits kebersihan dan menilai hasilnya secara kolaboratif bersama siswa. Ini menunjukkan kombinasi...
a. TPACK dan DBL
b. Deep learning dan inklusi
c. PjBL dan asesmen kolaboratif
d. PBL dan reflektif
e. Supervisi dan meaningful learning
Guru menyesuaikan tugas PAI berdasarkan kesiapan siswa di awal tahun ajaran. Hal ini menunjukkan prinsip DBL berupa...
a. Profil belajar
b. Minat belajar
c. Asesmen awal dan penyesuaian
d. Kurikulum nasional
e. Evaluasi otentik
Dalam pembelajaran daring, guru mengatur jam konsultasi individu via Zoom bagi siswa yang butuh pendampingan. Ini adalah contoh dari...
BACA JUGA:Contoh Soal Latihan OSN Matematika SD 2025 dan Kunci Jawaban: Persiapan Optimal Menuju Kompetisi
BACA JUGA: Kalender Juni 2025, Simak Libur Tanggal Merah Anda Bisa Menyiapkan Waktu Liburan Bersama Keluarga
a. Supervisi profesional
b. Pendekatan humanistik dalam BK
c. Strategi sumatif
d. Kegiatan pengganti
e. Kompensasi belajar
Seorang siswa disleksia diberi bahan belajar audio dan tugas video, sementara yang lain tetap teks dan kuis. Guru menjalankan prinsip...
a. Teknologis universal
b. TPACK
c. Inklusif berbasis diferensiasi
d. Evaluasi sosial
e. Supervisi reflektif
Guru melibatkan siswa dalam merancang aturan belajar di awal semester agar semua merasa dilibatkan. Ini menunjukkan kepemimpinan berbasis...
a. Demokratis dan mindful
b. Karismatik dan teknis
c. Supervisi kuat
d. Afektif dan pedagogis
e. Taktis dan agresif
Siswa membuat video singkat tentang pengalaman menjalankan ibadah haji virtual menggunakan aplikasi AI. Ini mencerminkan...
a. Perpaduan pembelajaran dan spiritualitas
b. Supervisi visual
c. Strategi konvensional
d. BK dan akhlak
e. Evaluasi umum
Guru memberi umpan balik dengan pola “sandwich feedback”: pujian – kritik membangun – motivasi. Strategi ini sesuai dengan...
a. Supervisi profesional
b. Strategi penguatan
c. Evaluasi reflektif
d. Model klinis BK
e. Metode sumatif
Saat siswa tampak kehilangan semangat belajar daring, guru membuat game kuis Islami dengan leaderboard hadiah. Ini memanfaatkan...
a. Strategi emosional
b. Gamifikasi dan joyful learning
c. Inklusifitas adaptif
d. Supervisi klasikal
e. Konseling kepribadian
Guru membuat forum tanya jawab interaktif di grup WhatsApp yang aktif 24 jam selama bulan Ramadan. Ini termasuk...
a. Konseling kolaboratif
b. Penerapan AI
c. Layanan PAI berbasis komunitas digital
d. Supervisi intensif
e. Asesmen kelompok
Dalam pelajaran akidah, guru meminta siswa menyampaikan makna Asmaul Husna melalui podcast pribadi. Ini adalah contoh dari...
a. Literasi digital religius
b. Evaluasi daring
c. Ujian terbuka
d. Supervisi reflektif
e. Konseling audio
Seorang guru PAI merancang pelajaran berbasis modul digital interaktif, memadukan ayat Al-Qur’an, video reflektif, dan kuis gamifikasi. Ini penerapan...
a. DBL dan Supervisi
b. Deep learning dan BK
c. TPACK secara utuh
d. Supervisi dan refleksi
e. Evaluasi pembelajaran konvensional
Kunci Jawaban 1–50
1.c 2.c 3.c 4.a 5.b 6.c 7.a 8.b 9.b 10.c
11.a 12.c 13.c 14.e 15.b 16.e 17.c 18.c 19.d 20.c
21.b 22.d 23.b 24.a 25.c 26.b 27.a 28.c 29.e 30.b
31.b 32.c 33.c 34.c 35.b 36.d 37.a 38.d 39.b 40.c
41.c 42.b 43.c 44.a 45.a 46.a 47.b 48.c 49.a 50.c
BACA JUGA:Kumpulan Soal OSN IPA SD 2025 dan Kunci Jawaban: Panduan Belajar Mandiri di Rumah
BACA JUGA:Diakui Dunia, Layanan Wealth Management BRI Raih Penghargaan Internasional dari Euromoney
Sumber: