Generasi Z: Pasar Potensial Bagi Pelaku Usaha di Sektor Otomotif

Minggu 07-07-2024,12:15 WIB
Reporter : Reza Aditya
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Generasi Z, yang populasinya mencapai 26,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 279,8 juta jiwa (Worldometer, Juli 2024), telah menjadi target pasar potensial bagi pelaku usaha di sektor otomotif. 

Industri otomotif tak bisa lepas dari gaya hidup (lifestyle) dan perkembangan teknologi yang cepat berubah. Inovasi produk dan layanan menjadi kunci dalam menggaet pasar strategis ini.

BACA JUGA:United Manrola: Sepeda Listrik Kokoh dan Nyaman untuk Berbagai Medan Jalan

Generasi Z, yang merupakan digital native lahir pada rentang 1995-2010, sangat akrab dengan teknologi dan cenderung memilih produk yang inovatif.

Oleh karena itu, banyak pabrikan otomotif, baik kendaraan maupun industri pendukungnya, berlomba-lomba melakukan inovasi untuk menarik minat mereka.

BACA JUGA:Pesaing Redmi Note 14 Pro, Realme 13 Pro Plus Juga Bawa Chipset Anyar

Market Development General Manager PT EMLI, Rommy Averdy, mengungkapkan bahwa Generasi Z merupakan pasar potensial dan menjadi salah satu penentu merek mana yang terbaik dan sukses di pasar, baik saat ini maupun di masa mendatang.

"Sebab itu, kami terus berupaya selalu menghadirkan produk dan layanan yang semakin nyaman dalam memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari (Generasi Z)," ujarnya dalam keterangan pers yang dilansir pada Jumat (5/7/2024).

Rommy menjelaskan bahwa dengan Federal Oil, pihaknya berusaha melakukan pendekatan terhadap Gen Z melalui berbagai saluran yang digunakan anak muda.

Salah satunya adalah layanan online yang terus berkembang dinamis sehingga pada tahun ini kembali meraih Youth Choice Award.

BACA JUGA:Yamaha Cygnus Gryphus Model 2025 Resmi Meluncur di Taiwan

"Pola komunikasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan, serta ketertarikan anak muda saat ini dibutuhkan dalam menjaga eksistensi dan semakin nyaman dalam mendapatkan informasi mengenai produk dan merek," kata Rommy.

Dengan populasi yang besar dan karakteristik yang unik, Generasi Z tidak hanya mempengaruhi pasar saat ini, tetapi juga membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia.

Inovasi dan pendekatan yang tepat akan menjadi kunci bagi pelaku usaha untuk memenangkan hati generasi ini.

Kategori :