Apakah Olahraga Gym Bisa Gemukkan Badan? Cek Fakta dan Mitosnya di Sini!

Minggu 11-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.ID - Olahraga gym sering kali diasosiasikan dengan penurunan berat badan, tetapi ada anggapan bahwa olahraga ini juga bisa menyebabkan penambahan berat badan. 

Banyak orang bertanya-tanya, apakah benar olahraga gym bisa membuat badan gemuk? Mari kita cek fakta dan mitos seputar topik ini.

Fakta:

Peningkatan Massa Otot: Salah satu efek samping positif dari olahraga gym adalah peningkatan massa otot. Latihan beban dan resistance training dapat merangsang pertumbuhan otot, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. 

BACA JUGA:Esports Football Manager Segera Hadir, Gandeng FIFAe untuk FM25

BACA JUGA:Jepang Pimpin Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024: Kemenangan Dramatis di Cabor Senam Artistik

Otot lebih padat daripada lemak, jadi jika Anda mengalami kenaikan berat badan setelah berlatih, itu mungkin karena massa otot yang berkembang.

Peningkatan Nafsu Makan: Olahraga intens dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, peningkatan nafsu makan ini dapat menyebabkan konsumsi kalori berlebih, yang berpotensi menyebabkan penambahan berat badan. Penting untuk menjaga pola makan yang seimbang untuk mendukung tujuan kebugaran Anda.

Retensi Air: Setelah latihan intens, tubuh dapat menahan air lebih banyak sebagai bagian dari proses pemulihan otot. Retensi air ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan sementara, namun ini bukan penambahan lemak. Biasanya, berat badan akan kembali normal seiring waktu.

BACA JUGA:Babak Penyisihan Grup Piala AFF U-19 2024 Belum Usai, Empat yang Lolos Semifinalis Sudah Ditentukan

BACA JUGA:Jadwal Live Streaming Timnas Indonesia U-19 Berhadapan dengan Timnas Timor Leste U-19 di Piala AFF U-19 2024

Mitos:

Olahraga Gym Selalu Membuat Gemuk: Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Olahraga gym, jika dilakukan dengan benar dan diimbangi dengan diet yang tepat, dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Faktanya, banyak orang melakukan olahraga gym untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan mereka tetap stabil.

Hanya Latihan Kardio yang Bisa Menurunkan Berat Badan: Sementara latihan kardio efektif untuk membakar kalori, latihan beban juga penting. 

Latihan beban membantu membangun otot, yang meningkatkan metabolisme basal dan dapat membantu membakar kalori lebih banyak bahkan saat istirahat. Oleh karena itu, kombinasi kedua jenis latihan ini adalah pendekatan yang efektif untuk mengelola berat badan.

Kategori :