Ini 5 Manfaat Berjalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari, Tak Banyak Orang Tahu

Sabtu 14-09-2024,09:53 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

3. Meningkatkan Kesehatan Mental


ilustrasi olahraga jalan kaki--freepik

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, berjalan kaki juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki dapat memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon yang meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi stres. 

BACA JUGA:4 Olahraga yang Bisa Jadi Alternatif Untuk Hilangkan Stress

BACA JUGA:3 Olahraga yang Dapat Kecilkan Lemak di Lengan, Ikuti Tipsnya!

Bagi mereka yang sering merasa cemas atau depresi, berjalan kaki bisa menjadi terapi sederhana yang membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Berada di luar ruangan sambil berjalan juga membantu tubuh mendapatkan paparan sinar matahari yang baik untuk meningkatkan kadar vitamin D.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Sendi

Berjalan kaki secara teratur juga dapat memperkuat otot-otot di kaki, pinggul, dan punggung. Aktivitas ini juga menjaga fleksibilitas dan mobilitas sendi, sehingga dapat mengurangi risiko nyeri sendi atau masalah sendi di kemudian hari. Bagi orang lanjut usia, berjalan kaki adalah salah satu cara efektif untuk mempertahankan kekuatan otot dan menjaga postur tubuh yang baik.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

BACA JUGA:Apakah Olahraga Gym Bisa Gemukkan Badan? Cek Fakta dan Mitosnya di Sini!

BACA JUGA:Esports Football Manager Segera Hadir, Gandeng FIFAe untuk FM25

Bagi banyak orang, tidur yang berkualitas menjadi masalah tersendiri. Namun, berjalan kaki setiap hari bisa membantu memperbaiki pola tidur.

Aktivitas fisik membantu mengatur siklus tidur alami tubuh, sehingga membuat kita lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak. Orang yang rutin berjalan kaki juga cenderung merasa lebih segar dan bugar ketika bangun di pagi hari.

Secara keseluruhan, berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari adalah kebiasaan sederhana namun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Dengan meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk berjalan, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kesehatan jangka panjang.

BACA JUGA:Jadwal Live Streaming Timnas Indonesia U-19 Berhadapan dengan Timnas Timor Leste U-19 di Piala AFF U-19 2024

Kategori :