9 Makanan Kaya Kalsium yang Baik untuk Kesehatan Tulangmu

Minggu 22-09-2024,06:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi makanan kaya kalsium dapat membantu mencegah osteoporosis dan memastikan tulang tetap kuat. 

Berikut adalah 9 makanan kaya kalsium yang baik untuk kesehatan tulangmu.

1. Susu dan Produk Susu

Susu adalah sumber kalsium paling terkenal. Satu gelas susu mengandung sekitar 300 mg kalsium. Yogurt dan keju juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kale, bok choy, dan brokoli, mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, mereka juga kaya akan vitamin dan mineral lain yang penting untuk kesehatan.

3. Ikan Sardin

Ikan sardin, terutama yang dimakan bersama tulangnya, adalah sumber kalsium yang sangat baik. Satu porsi sardin mengandung lebih dari 300 mg kalsium.

4. Tahu

BACA JUGA:Pelatihan Fisika Berbasis Game Digital Tingkatkan Literasi Energi Siswa bagi MGMP Fisika Kabupaten Musi Rawas

BACA JUGA:4 Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Tahu yang dibuat dengan kalsium sulfat adalah sumber kalsium nabati yang baik. Tahu juga mengandung protein dan bisa menjadi alternatif yang sehat bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk susu.

5. Kacang Almond

Kacang almond mengandung kalsium dan lemak sehat. Sekitar 28 gram almond mengandung 76 mg kalsium, menjadikannya camilan yang baik untuk tulang.

Kategori :