Resep Tahu Gejrot Pedas Gurih, Hanya 2 Langkah Siap Sajikan

Rabu 25-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


tahu gejrot--sayurbox

BACA JUGA:3 Resep Olahan Ubi Rebus: Ide Sarapan Jaman Dulu yang Mengenyangkan

BACA JUGA:3 Resep Kue Lumpur Wangi dan Lembut, Paling Mantap Disajikan Dingin

2 sdm air asam jawa

200 ml air matang

Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Goreng Tahu

Langkah pertama adalah menggoreng tahu hingga kering dan matang. Jika menggunakan tahu pong, tahu Sumedang, atau tahu kulit, Anda bisa langsung menggorengnya hingga bagian luarnya renyah. Namun, jika menggunakan tahu putih, Anda bisa memotong tahu menjadi ukuran kecil terlebih dahulu, lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning kecokelatan dan kering. Setelah matang, tiriskan tahu goreng dan sisihkan.

2. Buat Kuah dan Sajikan

BACA JUGA:Tanpa Oven! Resep Bolu Kukus Vanila, Lembut dan Wangi

BACA JUGA:Resep Tumis Brokoli dengan Tahu Goreng Gurih dan Renyah, Jadi Menu Sehat yang Lezat

Langkah kedua adalah membuat kuah tahu gejrot. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit menggunakan ulekan. Jangan terlalu halus, biarkan teksturnya sedikit kasar agar rasa pedas dan gurih lebih terasa.

Setelah itu, campurkan bumbu yang sudah diulek dengan air matang, gula merah, kecap manis, air asam jawa, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu koreksi rasa. Jika rasa sudah pas, kuah siap digunakan.

Selanjutnya, ambil tahu yang sudah digoreng dan potong-potong kecil di atas piring atau mangkuk saji. Siram dengan kuah yang sudah dibuat tadi, pastikan bumbu meresap ke dalam tahu. Tahu gejrot siap disajikan! Anda bisa menambah jumlah cabai sesuai dengan selera pedas Anda.

Tips Tambahan:

Kategori :