Bahaya Sakit Gagal Ginjal, Bisa Sampai Cuci Darah: Gejala Awal Mirip Flu

Senin 30-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDGagal ginjal merupakan kondisi serius yang terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah. 

Mengutip dari laman Mayo klinik, Senin 30 September 2024, Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat berkembang menjadi lebih parah dan memerlukan tindakan medis yang intensif, seperti cuci darah (hemodialisis). 

Sayangnya, gejala awal gagal ginjal sering kali mirip dengan gejala flu, sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya sampai kondisinya memburuk.

Gejala Awal Gagal Ginjal


ilustrasi gejala awal gagal ginjal--freepik

BACA JUGA:5 Makanan dan Minuman Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Kista dalam Rahim

BACA JUGA:5 Resep Minuman Ampuh Encerkan dan Keluarkan Dahak, Cocok untuk yang Lagi Batuk

Gejala awal gagal ginjal bisa sangat samar dan sering dianggap sebagai kondisi lain yang lebih ringan. Beberapa gejalanya mirip dengan flu, seperti:

Mual dan Muntah: Tubuh yang tidak dapat membuang limbah dengan baik bisa menyebabkan mual dan muntah, yang sering kali disalahartikan sebagai gejala flu biasa.

Kelelahan dan Lemah: Penderita sering merasa lelah dan lemas tanpa sebab yang jelas. Ini disebabkan oleh penumpukan limbah dalam darah yang mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan.

Sakit Kepala: Penumpukan racun dalam darah dapat menyebabkan sakit kepala, yang juga dapat menjadi gejala awal gagal ginjal.

BACA JUGA:Rutin Makan Buah Ini Bisa Kurangi Kerontokan Rambut, Wajib Coba!

BACA JUGA:Lebih Sehat Mana: Tempe Dibungkus Daun atau Dibungkus Plastik?

Pembengkakan: Pada tahap awal, ginjal yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan penumpukan cairan, yang terlihat dalam bentuk pembengkakan pada tangan, kaki, dan wajah.

Perubahan dalam Buang Air Kecil: Ada perubahan dalam pola buang air kecil, seperti urin yang lebih sedikit, berwarna gelap, atau bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali.

Kategori :