Bahaya Sakit Gagal Ginjal, Bisa Sampai Cuci Darah: Gejala Awal Mirip Flu

Senin 30-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Bahaya Gagal Ginjal


ilustrasi orang terkena gagal ginjal--freepik

Gagal ginjal yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal dan menyebabkan tubuh tidak dapat membersihkan darah secara efektif. Akibatnya, limbah dan racun menumpuk di dalam tubuh, yang bisa mempengaruhi berbagai organ lainnya. 

BACA JUGA:7 Kebiasaan Sepele Penyebab Serangan Jantung

BACA JUGA:Jangan Siram Air Panas, Begini Cara Olah Daging Beku yang Benar Menurut Ahli Gizi

Pada kondisi yang parah, cuci darah menjadi solusi untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan mesin untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbah serta cairan berlebih dari tubuh.

Jika gagal ginjal sudah mencapai tahap akhir, pengobatan cuci darah harus dilakukan secara rutin agar tubuh tetap bisa berfungsi dengan baik. Namun, cuci darah bukanlah solusi jangka panjang, dan satu-satunya cara untuk mengatasi gagal ginjal secara permanen adalah dengan melakukan transplantasi ginjal, yang tentunya memerlukan prosedur medis yang kompleks dan biaya yang tinggi.

Pencegahan

Penting untuk menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari risiko gagal ginjal. Mengonsumsi makanan sehat, menjaga pola makan yang baik, menghindari konsumsi obat-obatan berlebihan, dan rutin memeriksa kesehatan ginjal, terutama jika ada riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, dapat membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

BACA JUGA:Berikut Basic Skincare Penting yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

BACA JUGA:5 Kebiasaan Ini Bisa Membantumu Terhindar dari Perut Buncit

Kategori :