Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Terigu, Rasa Tetap Lezat

Selasa 01-10-2024,09:14 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Sejumput garam

BACA JUGA:Resep Soto Daging Kuah Kuning yang Gurih dan Harum Aromanya

BACA JUGA:Resep Bumbu Siomai Kental, Cocok untuk Ide Jualan

Topping sesuai selera (cokelat chip, kismis, atau kacang)


resep bolu pisang tanpa terigu--Fimela

Cara Membuat:

Siapkan loyang dan kukusan: Olesi loyang dengan sedikit minyak atau margarin, lalu alasi dengan kertas roti. Panaskan kukusan dengan api sedang.

Hancurkan pisang: Kupas pisang dan haluskan dengan garpu hingga lembut. Jangan terlalu halus agar tekstur pisang tetap terasa di bolu nantinya.

Kocok telur dan gula: Dalam wadah terpisah, kocok telur dan gula menggunakan whisk atau mixer hingga gula larut dan adonan agak mengembang.

BACA JUGA:Resep Mie Ayam Khas Jawa Populer Berbumbu Rempah yang Gurih Lezat

BACA JUGA:Resep Spaghetti Aglio Olio Simpel, Coba di Rumah!

Campur bahan basah dan kering: Masukkan minyak sayur ke dalam campuran telur dan gula, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan pisang yang sudah dihaluskan.

Ayak bahan kering: Campurkan tepung beras, baking powder, baking soda, vanili, dan garam, lalu ayak ke dalam adonan basah. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Tuang ke loyang dan kukus: Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Jika ingin, tambahkan topping di atasnya. Kukus selama 30-40 menit atau hingga matang (tes dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang).

Sajikan: Angkat bolu dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum dikeluarkan dari loyang. Potong-potong sesuai selera dan bolu pisang kukus tanpa terigu siap disajikan.

Tips:

Kategori :