Inilah 7 Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Rabu 06-03-2024,14:30 WIB
Reporter : Risma
Editor : Ayu Fitriani

Melewatkan sarapan di pagi hari jelas dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi, baik saat bekerja maupun belajar di sekolah. Kondisi ini disebabkan otak tidak mendapatkan cukup glukosa untuk menjalankan fungsinya.

Hal ini tentu menyulitkan pekerjaan sehari-hari. Anak sekolah juga lebih sulit berkonsentrasi dalam mencerna pelajaran.

Studi "Kebiasaan sarapan, nilai gizi, berat badan, dan prestasi akademik anak dan remaja" menunjukkan bahwa anak dan remaja yang rutin sarapan memiliki hasil akademik yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang rutin sarapan. biasanya tidak sarapan.

4. Ikuti pola makan Anda

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warna Lipstik untuk Bibir Gelap, Cek di Sini!

Manfaat setiap sarapan akan membantu Anda makan lebih sehat. Pasalnya, sarapan menghindari kecenderungan mengonsumsi camilan tidak sehat antara sarapan dan makan siang.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang diterbitkan oleh Lise Dubois bertajuk “Melewatkan sarapan dikaitkan dengan perbedaan waktu makan, asupan makronutrien, dan obesitas.-sekolah. . anak-anak". Anak yang tidak terbiasa sarapan disebut memilih makanan yang tidak bergizi dan berisiko lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Jadi, sebaiknya orang tua menyiapkan makanan sehat untuk anaknya, seperti buah-buahan dan sandwich. 

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat kesehatan lainnya dari sarapan adalah membantu mengontrol gula darah. Bagi penderita gula darah normal, rutinitas ini membantu menghindari kemungkinan resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

BACA JUGA:Sehat Tanpa Obat, Ini dia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Namun, sarapan juga bermanfaat bagi penderita diabetes yang mengalami hipoglikemia, atau kondisi dimana kadar gula darah terlalu tinggi. rendah Oleh karena itu, penderita diabetes tidak boleh melewatkan sarapan pagi.

6. Pencegahan Serangan

Selain mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, rutin sarapan dengan makanan sehat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Perlu diketahui bahwa orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena aterosklerosis.

BACA JUGA:Berikut 7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar yang Perlu Anda Ketahui! 

Kategori :