Awas! Ini Efek Minum Kopi Susu untuk Kesehatan, Bisa Naikkan Kolesterol Jahat

Awas! Ini Efek Minum Kopi Susu untuk Kesehatan, Bisa Naikkan Kolesterol Jahat

--

SILAMPARITV.CO.IDKopi susu adalah minuman favorit banyak orang karena perpaduan rasa kopi yang kuat dan kelezatan susu yang creamy.

Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi kopi susu secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama terkait dengan peningkatan kolesterol jahat? Berikut adalah beberapa efek minum kopi susu yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Jus untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Atasi Berbagai Penyakit

1. Meningkatkan Kolesterol Jahat (LDL)

Salah satu efek negatif utama dari minum kopi susu adalah peningkatan kadar kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dalam darah. Ini disebabkan oleh dua faktor utama:

a. Kandungan Lemak Jenuh pada Susu

Susu, terutama susu full-fat atau whole milk, mengandung lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah, yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA:Ini 5 Camilan Tinggi Serat yang Ramah Untuk Kadar Gula Darah

b. Kandungan Cafestol dalam Kopi

Kopi mengandung senyawa yang disebut cafestol, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Meskipun cafestol biasanya ditemukan dalam jumlah tinggi pada kopi yang diseduh menggunakan metode tertentu (seperti French press), tetap saja, konsumsi kopi yang berlebihan dapat berdampak pada kadar kolesterol.

2. Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kopi susu yang tinggi lemak jenuh dapat berkontribusi pada penumpukan plak di arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

BACA JUGA:Makanan yang Menyebabkan Asam Urat: Kenali dan Hindari

3. Peningkatan Berat Badan

Sumber: