Manfaat Sering Membaca Sholawat Setiap Hari Menurut Hadis Rasulullah

Manfaat Sering Membaca Sholawat Setiap Hari Menurut Hadis Rasulullah

Ilustrasi orang sedang membaca sholawat nabi--

BACA JUGA:5 Hal yang Paling Disesali Orang Menjelang Kematian

Hadis ini menggarisbawahi betapa besar pahala yang dapat diperoleh hanya dengan membaca sholawat sekali, apalagi jika dilakukan secara rutin setiap hari.

3. Menghapus Dosa dan Kesalahan

Selain mendapatkan pahala, membaca sholawat juga memiliki manfaat dalam menghapus dosa-dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku seratus kali pada hari Jumat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama delapan puluh tahun." (HR. Al-Darimi)

BACA JUGA:Sekilas Mirip, Ini Beda Nasi Porang dan Nasi Shirataki Menurut Dokter

Hadis ini menunjukkan bahwa dengan membaca sholawat, dosa-dosa seseorang dapat diampuni, sehingga hatinya menjadi bersih dan dekat dengan Allah SWT.

4. Menjadi Doa yang Dikabulkan

Sholawat juga berfungsi sebagai doa yang sangat kuat dan sering kali dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap doa terhalang (tidak sampai kepada Allah) hingga seseorang bersholawat kepadaku." (HR. Al-Thabrani)

BACA JUGA:Ciri-ciri Kepribadian Seseorang Berdasarkan Zodiak Taurus

Hadis ini menunjukkan bahwa sholawat dapat membuka pintu langit bagi doa-doa kita, sehingga doa-doa yang disertai dengan sholawat lebih mungkin untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

5. Mendapatkan Ketenangan dan Ketenangan Hati

Membaca sholawat secara rutin juga membawa ketenangan dan ketentraman hati. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

"Orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR. Al-Tirmidzi)

Sumber: