Apakah Suara Mesim Motor Yamaha Nmax dan Aerok 155 Kasar? Ini Part yang Diganti

Apakah Suara Mesim Motor Yamaha Nmax dan Aerok 155 Kasar? Ini Part yang Diganti--
SILAMPARITV.CO.ID - Banyak pemilik Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155 yang rilis awal tahun 2015 mengeluhkan mesinnya yang mengeluarkan suara keras hingga terdengar seperti "Klotok-klotok".
Penyebab bunyi “ketukan” pada mesin adalah penegang rantai yang kendor atau aus.
BACA JUGA:Mau Beli Suzuki GSX-R150 atau GSX-S150? Segini Harganya per Juni 2024
Fungsi dari chain tensioner sendiri adalah untuk mengatur ketegangan rantai rantai.
"Masalah tensioner Keten yang cepat kendor umumnya disebabkan oleh penggunaan part yang sama pada Yamaha NMAX generasi pertama dan Airox 155 pertama,” kata Narko, pemilik C&C Jaya Motor di Jagakarsa, Jakarta Selatan.
BACA JUGA:Honda Rebel 1100 cc Meluncur di Indonesia, Harganya Bikin Kaget!
Narko menyarankan untuk mengganti tensioner asli Yamaha NMAX dan Aerox 155 dengan yang generasi lebih baru.
"Melihat katalog spare part online Yamaha, terlihat tensioner generasi pertama menggunakan komponen dengan nomor kode 2ND-E2210-00, namun kini pada Yamaha Aerox 155 terbaru Yamaha menggunakan 2PV-E2210-00. NMAX yang dimodifikasi sedang digunakan, "kata Narko.
BACA JUGA:3 Penyebab Power Window Mobil Bisa Tiba-tiba Macet Enggak Gerak
Narko mengatakan pemilik NMAX generasi awal atau Aerox 155 bisa menggunakan suku cadang dari sepeda motor lain seperti Jupiter Z1 Thailand.
“Pengguna bisa menggunakan tensioner Keten impor atau produksi lokal. Tentunya semua pilihan ini menggunakan komponen asli Yamaha, namun berbeda tipe. Yamaha Thailand dengan kode 2SU-E2210-00 Kami punya tensioner Jupiter Z1 Keteng,” lanjut Narko.
BACA JUGA:Rahasia Memanaskan Motor Injeksi Agar Awet dan Hemat Bensin
Untuk komponen produk lokal, pengguna juga bisa menggunakan Yamaha Mio M3.
"Meski menggunakan komponen Yamaha tipe lain, pemasangannya dijamin tetap plug-and-play tanpa modifikasi,” pungkas Narko
Sumber: