Apakah Benar Motor Yamaha NMAX Turbo Aman Dari Rem Blong?

Apakah Benar Motor Yamaha NMAX Turbo Aman Dari Rem Blong?

Apakah Benar Motor Yamaha NMAX Turbo Aman Dari Rem Blong?--

SILAMPARITV.CO.ID - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha NMAX Turbo bersama  NMAX Neo pada Rabu (6 Desember 2024).

NMAX Turbo dibekali transmisi cerdas  Yamaha bernama Yamaha Electronic Continuously Variable Transmision (YECVT) yang dirancang untuk mempercepat proses akselerasi dan deselerasi.

NMAX turbo sepertinya punya performa deselerasi yang bagus.

Jadi lebih aman menghindari risiko rem blong saat berkendara di jalan menurun?

BACA JUGA:Ini DIa 13 Cara Mengatasi Mesin Motor Injeksi Tiba-tiba Mati

Antonius Widiantoro, PR Manager YRA dan Komunitas PT YIMM, mengatakan  faktor penyebab rem blong adalah kebiasaan pengendara. tidak bisa dikatakan lebih aman di jalan menurun.

“ Untuk mencegah  rem blong, sebaiknya pengendara memperhatikan hal-hal berikut saat berkendara di jalan menurun: b. Jaga kecepatan, gunakan teknik pengereman yang benar, dan lain-lain. Teknologi hanya membantu,” kata Anton, Rabu (19/6/ 2024). 

Anton mengatakan, YECVT sebenarnya mampu mencapai deselerasi yang unggul karena  mengandalkan motor yang dikendalikan komputer untuk menggerakkan katrol utama.

“CVT tradisional masih mengandalkan roller untuk mengatur ukuran puli, sehingga masih hanya dipengaruhi oleh gaya sentrifugal, namun gaya pengereman mesin YECVT  lebih terlihat oleh pengemudi,” kata Anton.

BACA JUGA:Naksir Dengan Skutik Honda Forza? Sigini Harga Cicilan Perbulanya

Oleh karena itu, menurut Anton, peran girboks juga dapat mempercepat proses deselerasi sehingga secara tidak langsung memudahkan kerja rem utama.

Anton mengatakan pengemudi NMAX Turbo dapat memilih antara dua  mode berkendara: S atau T, dan setiap orang dapat memilih antara tinggi, sedang, dan rendah, dengan TCU yang mendeteksi keinginan pengemudi dan sensor untuk kompensasi dikatakan memberikan informasi putaran katrol.

Menurut Anton, penyertaan YECVT pada versi NMAX Turbo bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih presisi sesuai keinginan pengemudi berdasarkan mode yang dipilih.

Sumber: