Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah di Rumah

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah di Rumah

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami dengan Mudah di Rumah--freepik

5. Coba Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki efek pencahar alami yang dapat membantu melunakkan tinja dan memperlancar buang air besar. Anda bisa mencoba mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun di pagi hari sebelum sarapan.

6. Konsumsi Buah yang Mengandung Serat Tinggi

Beberapa buah yang kaya akan serat dan dapat membantu mengatasi sembelit antara lain: apel, pir, plum, kiwi, dan pepaya. Buah-buahan ini tidak hanya mengandung serat, tetapi juga air yang membantu melunakkan tinja.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Leo Harus Tingkatkan Prestasi Kerjanya dan Taurus Lagi Naik Daun

7. Hindari Makanan Pemicu Sembelit

Beberapa makanan dapat memperburuk sembelit, seperti makanan olahan, produk susu, daging merah, dan makanan yang rendah serat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut dan fokus pada makanan alami dan kaya serat.

8. Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal seperti teh peppermint, teh jahe, dan teh chamomile dapat membantu meredakan sembelit. Teh herbal ini memiliki efek relaksasi pada otot-otot usus dan dapat memperlancar pencernaan.

BACA JUGA:Lenovo Tab Plus: Tablet Multimedia dengan Layar 11,5 Inci dan Delapan Speaker JBL

9. Pertimbangkan Suplemen Serat

Jika Anda kesulitan mendapatkan cukup serat dari makanan, suplemen serat bisa menjadi alternatif. Psyllium husk adalah salah satu suplemen serat yang umum digunakan untuk mengatasi sembelit. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun.

10. Berikan Waktu dan Relaksasi untuk Buang Air Besar

Jangan terburu-buru saat buang air besar. Berikan waktu yang cukup dan cobalah untuk relaks. Stres dan kebiasaan menunda-nunda bisa memperburuk sembelit. Cobalah untuk mengatur rutinitas harian yang mendukung waktu khusus untuk buang air besar.

Mengatasi sembelit secara alami dapat dilakukan dengan mengubah pola makan, meningkatkan asupan cairan, berolahraga, dan membuat beberapa perubahan gaya hidup lainnya. Jika sembelit berlanjut atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan.

Sumber: