Bahaya Menahan Kencing: Kenali Risikonya bagi Kesehatan Anda

Bahaya Menahan Kencing: Kenali Risikonya bagi Kesehatan Anda

Bahaya Menahan Kencing: Kenali Risikonya bagi Kesehatan Anda--freepik

Menahan kencing dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kandung kemih meregang melebihi kapasitas normalnya. Pembesaran kandung kemih dapat membuatnya lebih sulit untuk mengosongkan sepenuhnya, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Asma: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Cara Mencegah Dampak Buruk Menahan Kencing

1. Buang Air Kecil Secara Teratur: Jangan menunda keinginan untuk buang air kecil. Biasakan untuk pergi ke toilet setiap 2-3 jam sekali, bahkan jika Anda tidak merasa sangat perlu.

2. Minum Air yang Cukup: Konsumsi cairan yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan kandung kemih dan ginjal. Hindari minuman yang dapat mengiritasi kandung kemih, seperti kafein dan alkohol, jika Anda rentan terhadap ISK.

3. Kenali Gejala Infeksi: Jika Anda mengalami gejala seperti nyeri saat buang air kecil, sering ingin kencing, atau urine yang keruh atau berdarah, segera konsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Jus untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Atasi Berbagai Penyakit

4. Pelajari Latihan Kegel: Latihan ini dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul dan meningkatkan kontrol kandung kemih.

Menahan kencing adalah kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dalam berbagai cara. Infeksi saluran kemih, pembentukan batu kandung kemih, kerusakan otot kandung kemih, inkontinensia, tekanan pada ginjal, dan pembesaran kandung kemih adalah beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi.

Untuk menjaga kesehatan sistem kemih Anda, penting untuk tidak menunda buang air kecil dan mengadopsi kebiasaan sehat lainnya. Jangan anggap remeh sinyal tubuh Anda—ketika merasa perlu buang air kecil, segeralah pergi ke toilet.

BACA JUGA:4 Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Sumber: