Penemuan Fosil Langka Menyerupai Buaya di Brazil oleh Ahli, Diprediksi Hidup 237 Juta Tahun Lalu

ilustrasi fosil langka mirip buaya--

SILAMPARITV.CO.IDLaporan penelitian yang diterbitkan di Nature, Scientific Report mengungkap penemuan fosil langka di Paraíso do Sul, Brasil bagian selatan.

Ahli paleontologi menemukan fosil ini di situs Linha Várzea 2 dan percaya bahwa spesies tersebut hidup sekitar 237 juta tahun yang lalu. spesies ini termasuk dalam kelompok pseudopoda yang berkerabat dengan aligator, buaya, dan gharial.

Meskipun kini hanya ada beberapa spesies yang berkerabat dengan Pseudosuhians, kelompok ini dulunya memiliki beragam spesies, termasuk fosil ini.

Kerangka fosil yang ditemukan merupakan rekor baru bagi para ilmuwan, karena penemuan tersebut merupakan spesies baru dari kelompok pseudopoda bernama parvosuchus aurelioi. Parvosuchus adalah spesies pseudosuchia yang langka.

BACA JUGA:Buruan Daftar Beasiswa BCA Finance Peduli 2024, Tinggal 2 Hari Lagi

Ahli paleontologi Müller menjelaskan kondisi saat dia memeriksa kerangka fosil ini di Pusat Penelitian Paleontologi Universitas Federal Santa Maria (UFSM) di Brasil.

Sebagian kerangka spesies ini ditemukan, yang kemudian diawetkan 11 tulang belakang, tengkorak, dan anggota badan.

Saat ditemukan, ia tertutup lapisan batuan cukup besar yang menutupi sebagian kerangka. Untuk melakukan ini, Müller memisahkan kerangka dari lapisan batu dengan larutan asam dan palu pneumatik, sehingga tengkoraknya tetap utuh.

"Saat saya menyadari bahwa tengkorak itu tertanam di batu sungguh menakjubkan. Saat saya perlahan-lahan melepaskan lapisan batu tersebut, tepi orbitnya terlihat. Seolah-olah hewan itu sedang memperhatikan saya - seolah-olah ia telah telah menunggu bertahun-tahun untuk menceritakan kisahnya,” kata Müller dari Newsweek, dikutip pada Sabtu 29 Juni 2024. Spesies yang diketahui telah ditemukan sepanjang sejarah, dua dari Tiongkok dan satu dari Argentina.