Pelatih Timnas Vietnam U-16 Ucapkan Selamat kepada Indonesia U-16 atas Peringkat Ketiga di Piala AFF U-16 2024

Pelatih Timnas Vietnam U-16 Ucapkan Selamat kepada Indonesia U-16 atas Peringkat Ketiga di Piala AFF U-16 2024

Tran Minh Chien,--

SILAMPARITV.CO.ID - Pelatih Timnas Vietnam U-16, Tran Minh Chien, memberikan ucapan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 yang berhasil finis di peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. 

Menurutnya, Garuda Muda tampil luar biasa saat mengalahkan timnya dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan telak dengan skor 5-0. Gol-gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Zahaby Gholy (45', 78'), Daniel Alfrido (75', 82'), dan Dafa Zaidan (45+3').

"Selamat kepada Indonesia atas kemenangan yang luar biasa dan berhasil meraih tempat ketiga di turnamen ini," ujar Tran Minh Chien setelah pertandingan. "Di pertandingan ini, sebelum gol-gol tersebut terjadi banyak pertarungan sengit. Namun, pada akhirnya, Vietnam malah memberikan gol kepada Indonesia, sehingga lawan bisa menang," lanjutnya.

BACA JUGA:Prediksi Skor Euro 2024: Inggris vs Swiss

Tran Minh Chien menilai kekalahan telak timnya disebabkan oleh hilangnya konsentrasi serta menurunnya stamina para pemain.

 Kondisi ini membuat skuad Muda Golden Star Warriors sering melakukan kesalahan fatal hingga kebobolan dua gol dalam rentang waktu dua menit saja.

Pelatih berusia 50 tahun itu mengaku tidak menyangka anak asuhnya bisa kebobolan sebanyak itu, menjadikannya kekalahan terbesar Vietnam U-16 sepanjang turnamen.

 "Dalam sepak bola usia dini, segalanya bisa terjadi. Hari ini kami tidak menyangka kebobolan dua gol dalam waktu yang sangat cepat," ujarnya.

"Mungkin di babak kedua pemain mulai kehilangan konsentrasi dan stamina. Jadi mereka membuat kesalahan-kesalahan fatal juga. Itu yang membuat kami kebobolan banyak gol," tambah Tran Minh Chien.

BACA JUGA:Spanyol Tantang Tuan Rumah Jerman di Babak 8 Besar Euro 2024

Meski harus mengakhiri turnamen dengan hasil yang mengecewakan, Tran Minh Chien tetap memberikan apresiasi kepada seluruh pemainnya. Hasil buruk melawan Timnas Indonesia U-16 akan menjadi bahan evaluasi bagi tim pelatih.

Usai Piala AFF U-16 2024, Vietnam U-16 akan mengalihkan fokus ke ajang yang lebih besar, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Dalam turnamen ini, mereka tergabung di Grup I bersama Yaman, Kirgistan, dan Myanmar. 

Kualifikasi Piala Asia U-17 akan berlangsung pada 19-27 Oktober 2024. Sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

Sumber: