KPU Lubuklinggau Mulai Persiapkan Pilkada 2024 dengan Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Pemilih

KPU Lubuklinggau Mulai Persiapkan Pilkada 2024 dengan Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Pemilih

Aspin Dodi, ketua KPU Lubuklinggau--

SILAMPARITV.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau telah memulai persiapan serius menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan membuka rekrutmen Petugas Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih) pada tanggal 13 Juni 2024 mendatang.

Ketua KPU Lubuklinggau, Aspin Dodi, mengatakan bahwa seluruh persiapan terkait rekrutmen Ad Hoc untuk Pilkada telah diselesaikan dengan baik. 

"Persiapan KPU sendiri saat ini untuk tahapan rekrutmen Ad Hoc sudah selesai semua. Ada rekan-rekan PPK untuk di Kecamatan dan PPS itu di Kelurahan," ujarnya, pada Rabu (5/6/2024).

BACA JUGA:Xiaomi Mix Fold 4 Akan Dirilis Global, Siap Tantang Galaxy Z Fold 6

Aspin menjelaskan para petugas PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di 40 kecamatan dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di 72 kelurahan sudah dilantik dan siap menjalankan tugas setelah mendapatkan bimbingan teknis.

"Aturan dari pusat sudah keluar untuk rekrutmen Pantarlih. Mereka bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang berasal dari BP4. InsyaAllah tanggal 13 nanti akan dilakukan rekrutmen," ucapnya.

Aspin menegaskan bahwa Pilkada 2024 direncanakan akan berjalan lancar, mengingat dari pengalaman pilkada sebelumnya tidak terjadi konflik serius. KPU Lubuklinggau telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi potensi konflik, termasuk tindakan terhadap oknum yang melakukan kecurangan.

BACA JUGA:Bahan yang Sebaiknya Tidak Dicampur dengan Teh: Perlu Diperhatikan!

"Sejauh ini tidak ada konflik, jika ada mungkin konflik terjadi pada masa dari para paslon dan itu bukan ranah kami. Namun, bila ada konflik dari anggota TPS atau oknum yang melakukan kecurangan, nanti bisa diurus oleh pihak penyelenggara. Tapi selama ini belum pernah terjadi konflik yang seperti itu," tuturnya.

Ketua KPU Lubuklinggau juga mengimbau masyarakat untuk cerdas dalam memilih pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Aspin menyarankan agar masyarakat mempertimbangkan rekam jejak dan visi misi calon dengan seksama agar memilih yang terbaik bagi masa depan Lubuklinggau.

Dengan persiapan yang matang dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Pilkada Lubuklinggau 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan demokratis. KPU Lubuklinggau siap memastikan bahwa setiap tahapan berjalan sesuai dengan aturan dan memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh warga untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi.

BACA JUGA:5 Makanan yang Bisa Memicu Hipertensi

Sumber: