Bisa untuk Ide Bisnis Jualan, Begini Cara Buat Mocchi Kenyal Tapi Tetao Lembut dan Enak

Bisa untuk Ide Bisnis Jualan, Begini Cara Buat Mocchi Kenyal Tapi Tetao Lembut dan Enak

ilustrasi cara membuat mochi kenyal dan lembut--Fimela

Siapkan Adonan: Campurkan tepung ketan dan gula pasir dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi rata dan tidak ada gumpalan. Jika ingin mochi berwarna, tambahkan pewarna makanan pada tahap ini dan aduk hingga warnanya merata.

Kukus Adonan: Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak agar tidak lengket. Kukus adonan selama 20-30 menit hingga matang. Untuk memastikan mochi matang sempurna, cek dengan tusuk gigi; jika tidak ada adonan yang menempel, berarti mochi sudah matang.

Uleni Mochi: Setelah matang, keluarkan mochi dari kukusan dan biarkan sedikit dingin. Taburkan tepung maizena di atas meja atau permukaan datar lainnya untuk mencegah mochi menempel. Uleni mochi dengan hati-hati agar teksturnya tetap lembut dan kenyal. Proses pengulenan ini penting untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

BACA JUGA:Resep Sop Sayur Tahu Bakso: Lezat dan Sehat untuk Keluarga!

BACA JUGA:Resep Mudah Batagor Kuah Bakso, Bisa Buat Sendiri di Rumah

Bentuk Mochi: Ambil sedikit adonan, bulatkan, dan pipihkan. Jika ingin menambahkan isian seperti kacang merah atau selai, letakkan isian di tengah adonan lalu tutup dan bulatkan kembali. Pastikan tangan selalu dilapisi tepung maizena agar adonan tidak lengket.

Penyajian dan Penyimpanan: Setelah mochi dibentuk, taburkan lagi tepung maizena di seluruh permukaannya agar tidak lengket satu sama lain. Mochi bisa langsung disajikan atau disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan.

Tips Tambahan:

Untuk hasil terbaik, gunakan tepung ketan berkualitas tinggi. Penggunaan gula dalam jumlah yang pas juga mempengaruhi tekstur mochi. Jika terlalu banyak gula, mochi bisa menjadi terlalu lengket, sementara jika terlalu sedikit, rasanya kurang manis.

Membuat mochi bisa menjadi peluang bisnis yang menarik karena camilan ini digemari banyak orang. Dengan variasi rasa dan isian yang berbeda, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan.

BACA JUGA:3 Olahan Singkong Rebus, Bisa Jadi Ide Takjil untuk Buka Puasa Sunnah

BACA JUGA:Resep Cumi Saus Padang ala Rumahan yang Simpel Banget Bikinnya

Sumber: