5 Gejala Gula Darah Tinggi, Kenali Penyebabnya!

5 Gejala Gula Darah Tinggi, Kenali Penyebabnya!

ilustrasi gula darah tinggi--freepik

SILAMPARITV.CO.IDGula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal.

Hal ini sering terjadi pada penderita diabetes, namun bisa juga dialami oleh siapa saja yang memiliki gaya hidup tidak sehat. 

Mengenali gejala gula darah tinggi sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. 

Berikut adalah 5 gejala umum gula darah tinggi dan penyebab yang perlu diwaspadai, dilansir dari laman Alodokter.com, Kamis (19/9):

1. Sering Merasa Haus dan Banyak Minum


ilustrasi sering haus--freepik

BACA JUGA:Mana yang Lebih Baik, Jalan Kaki Pagi, Sore, Atau Malam Hari? Ini Kata Ahli Kesehatan!

BACA JUGA:Tumbuh Uban Tanda Kekurangan Vitamin Apa? Cek Disini!

Salah satu gejala paling umum dari gula darah tinggi adalah sering merasa haus, yang disebut dengan polidipsia. Ketika kadar gula darah tinggi, tubuh akan mencoba menghilangkan kelebihan gula melalui urine, menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi ini membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu rasa haus yang berlebihan.

2. Sering Buang Air Kecil

Gejala lain yang sering muncul adalah sering buang air kecil atau poliuria. Kadar gula yang tinggi dalam darah membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan mengeluarkan gula melalui urine. Ini menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat, terutama di malam hari, sehingga mengganggu kualitas tidur.

3. Pandangan Kabur

BACA JUGA:5 Manfaat Makan Mentimun, Bisa Turunkan Gula Darah

BACA JUGA:5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Bantu Kesehatan Jantung

Sumber: