Keindahan Wisata DAM Watervang Kota Lubuklinggau, Ini Sekilas Sejarahnya

Keindahan Wisata DAM Watervang Kota Lubuklinggau, Ini Sekilas Sejarahnya

Watervang merupakan Salah satu Objek wisata peninggalan dari kolonial Belanda yang di bangun pada tahun 1941--

Silampari TV,Lubuklingggau - Pembangunan DAM Watervang di awali ekspedisi yang dikenal sebagai onder drucking yang dipimpin H.W MUNTINGHE Pada Tahun 1825.

Bendungan Watervang ini berada di Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau. Bendungan ini dibangun pada tahun 1941 oleh pemerintah Belanda dengan membendung sungai kelinggi.

Ekspedisi ini diikuti banyak personil dari berbagai keahlian. Ekspedisi di wilayah Musi Rawas menghasilkan kesimpulan diperlukan irigasi yang baik untuk pengairan persawahan.

kala itu pemerintah kolonial Belanda juga memandang perlu program pembentukan Koloni, yang penghuninya didatangkan dari Jawa sekitar tahun 1935 - 1940 didatangkanlah orang - orang dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

BACA JUGA:Rumah Anda Banyak Nyamuk, Usir Dengan Tanaman Ini

Dibangunlah 19 koloni yang di tempati 500 kk per koloni, tiap KK mendapatkan lahan seluas 0,5-1 HA untuk sawah dan 0,25 - 0,5 HA untuk rumah. Perkiraan lahan pemukiman dan persawahan pada tahap ini sekitar 14,250 HA.

Irigasi dibangun dengan membuat DAM di sungai kelingi. Sungai ini berhulu di sungai curug (masuk wilayah curup,Bengkulu), dari DAM ke hulu panjang sungai sekitar 230 KM. Hilirnya Adalah sungai megang dan sungai ketuan.

Hingga saat ini, DAM Watervang yang dibangun tahun 1941, masih berfungsi dengan baik dan mengaliri persawahan di kabupaten Musi Rawas sebagai salah satu hasil beras di Provinsi Sumatera Selatan.

Seperti halnya sekarang, Watervang kini muncul dengan nuansa baru dengan wajah baru.

BACA JUGA:Perusahaan di Lubuklinggau Wajib Berikan Upah Sesuai UMP

Jembatan yang dulu nya berbahan dasar kayu lapuk karena di makan usia, kini jembatan penghubung satu sisi kesisi lainya berganti menjadi jembatan dengan besi yang kokoh.

Tempat parkirnya pun kini sangat luas dan banyak bangunan warna warni sekelilingnya.

Apalagi kawasan sekitar bendungan ini  memanjakan mata dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Saat berkunjung ke Bendungan Waterwang yang dibangun pada tahun 1941 ini, Anda bisa menjelajahi kawasan sekitar, mengambil foto-foto  menarik, atau sekadar menikmati suasana  tenang.

Sumber: