Puasa Ayyamul Bidh Jatuh Pada 27 Hingga 29 November 2023, Berikut Niat Puasa dan Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh Jatuh Pada 27 Hingga 29 November 2023, Berikut Niat Puasa dan Keutamaannya

--

Silampari TV - Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa tiga hari disetiap pertengahan bulan Hijriyah. Puasa ini tergolong sunnah, apabila dikerjakan tentu akan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak akan menjadikan dosa.

Pada bulan ini, puasa Ayyamul Bidh 13-15 Jumadil Awal 1445 Hijriah yang dimana bertepatan pada tanggal 27-29 November 2023 Masehi. Bagi kalian yang ini menunaikan sunnah tersebut segera persiapkan diri dari sekarang.

Anjuran dalam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di antaranya berdasarkan keterangan  yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, Berikut riwayatnya:

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

BACA JUGA:Keutamaan Mengamalkan Ayat Seribu Dinar Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai panduan untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah, berikut adalah niat dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh. Semoga kita semua dapat mengamalkannya. 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

BACA JUGA:Doa Ketika Tiba-Tiba Terbangun di Tengah Malam

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Sumber: