Gejala Covid Varian Baru Sudah Mulai Masuk RI, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai

Gejala Covid Varian Baru Sudah Mulai Masuk RI, Berikut Gejala yang Perlu Diwaspadai

--

Silampari TVKasus Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia dan Singapura, mengalami kenaikan. Salah satunya yang disebabkan oleh sub varian EG.5 atau Eris.

Subvarian ini menyebabkan gejala umum pada pasien Covid-19. Salah satu yang disoroti adalah adanya temuan alergi pada gejala kasus sekarang.

Kementerian Kesehatan mengimbau agar warga harus tetap waspada setelah mereka mencatat peningkatan akumulasi kasus Covid-19 tiap pekan dalam beberapa waktu belakangan.

"Beberapa orang juga mengatakan mereka menderita alergi," kata Spesialis pediatrik penyakit menular, Kristina K. Bryant, MD.

BACA JUGA:UNESCO Resmi Tetapkan Budaya Sehat Jamu Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Namun, Bryant juga menjelaskan bahwa menemukan gejala yang hampir sama dengan penderita subvarian omicron yang sebelumnya. Melansir Health, Jumat 8 Desember 2023, para dokter juga melihat dari gejala umum pada penderita Covid-19 EG.5 ini.

Mulai dari sakit tenggorokan, batuk, sesak, dan hidung berlendir. Tapi untuk indera penciuman dan pengecapan yang hilang, dan gejala umum yang sering terjadi sebelumnya, untuk sekarang tidak terlalu ditemukan lagi sekarang.

Bagi orang-orang yang mengalami beberapa gejala sub-varian, dianjutkan melakukan tes Covid-19. Perlu diingatkan juga untuk menambah vaksin secara berkala.

Kementerian Kesehatan pun menghimbau agar warga harus selalu berhati-hati ketika akan bepergian di dalam negeri, mau pun ke negara-negara yang sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19.

BACA JUGA:Hilangkan Perut Buncit Dengan 5 Hal Ini

Berikut beberapa gejala yang ada pada penderita Sub-varian EG.5 Eris:

• Deman atau meriang

• Batuk

• Sesak napas

Sumber: