Musim Hujan Telah Tiba, Amalin Doanya Supaya Mendatangkan Rahmat

Musim Hujan Telah Tiba, Amalin Doanya Supaya Mendatangkan Rahmat

--

SILAMPARITV.CO.ID - Musim hujan sudah mulai kerap mengguyuri wilayah di Indonesia. Guyuran hujan tersebut sudah sering  terjadi. Terkadang turun hujan terjadi saat pagi, siang, bahkan hingga malam hari.

Dalam Islam, umat Islam dianjurkan memanjatkan doa saat terjadi peristiwa tertentu. Begitu juga saat hujan turun. Ada doa khusus yang bisa dibaca saat hujan turun.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca doa berikut ini saat terjadi turun hujan.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo: Darud Diyan lit Turats, 1987 M/1408 H).

BACA JUGA:Mau Cepat Dapat Pekerjaan Yang Halal dan Berkah, Yuk Amalin Doanya!

Rasulullah SAW membaca doa ini, saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor kepada Rasulullah SAW, bahwa hujan deras yang mengguyuri berlangsung sudah selama sekitar enam hari membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas umum.

Adapun doa saat turun hujan deras yang dikhawatirkan terjadi banjir tersebut adalah sebagaimana berikut.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

BACA JUGA:Doa Ketika Tiba-Tiba Terbangun di Tengah Malam

Selain doa tersebut, Nabi Muhammad SAW mengajarkan ada doa lain yang bisa diamalkan ketika saat turun hujan, hal ini sebagaimana telah tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar, sebagaimana berikut.

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

"Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat."

Demikianlah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat turun hujan. Hanya kepada Allah SWT manusia berdoa, berharap dan meminta pertolongan. Termasuk ketika saat datang hujan, berdoa agar hujan tersebut membawa kebaikan dan rahmat Allah SWT, bukan membawa musibah seperti banjir.

 BACA JUGA:Tujuh Daerah di Sumsel Waspada Hujan-Petir

 

 

 

Sumber: