Sumatera Barat dengan Keindahan Wisatanya, Cocok Sebagai Destinasi Liburan Akhir Tahun

Sumatera Barat dengan Keindahan Wisatanya, Cocok Sebagai Destinasi Liburan Akhir Tahun

--

SILAMPARITV.CO.IDSebentar lagi pergantian tahun. Biasanya, pergantian tahun menjadi momen yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. 

Provinsi Sumatera Barat acapkali disisihkan dari list destinasi wisata populer yang jadi favorit banyak orang. Padahal di sini, wisatawan bisa mengunjungi destinasi wisata alam yang menawarkan panorama indah dan destinasi wisata sejarah yang bisa menambah wawasan, lho.

Mulai dari Danau Maninjau yang letaknya di Kabupaten Agam (36 kilometer dari Bukittinggi), kemudian wisata sejarah sejarah seperti Jam Gadang, Benteng Fort De Kock, Lubang Jepang, dan Rumah Bung Hatta di Bukittinggi. Selain itu di Bukittinggi juga ada Taman Panorama yang menyuguhkan pemandangan sebuah ngarai yang disebut Ngarai Sianok.

Lanjut ke Payakumbuh, di sana wisatawan bisa menghabiskan waktu bersantai dan bercengkrama dengan alam di Lembah Harau. Wisatawan berada di tengah-tengah himpitan beberapa lembah dengan pemandangan tebing-tebing cadas yang menjulang tinggi.

BACA JUGA:Wisata Terbaru di Sumsel, Glamping Terapung Akan Dibuka 18 Desember 2023

Di kawasan tersebut, terdapat spot foto seperti Kampung Korea-Jepang, Taman Kelinci, dan Kampung Eropa. Di tebing-tebing itu juga terdapat beberapa air terjun alami yang masih sangat jernih.

1. Danau Maninjau, destinasi wisata Sumatera Barat pertama yang wajib dikunjungi

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan besar gunung api yang menghamburkan kurang lebih 220-250 kilometer kubik material piroklastik. Danau ini mulanya adalah sebuah gunung yang disebut Gunung Tinjau.

Konon, Gunung Tinjau memiliki kawah yang sangat luas, namun dalam waktu singkat berubah menjadi sebuah danau.

BACA JUGA:Ada 15 Tips Sederhana Bermanfaat yang Dapat Kamu Praktekkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kejadian tersebut tak lepas dari kisah Bujang Sembilan. Singkat cerita, salah satu dari bujang sembilan yang bernama Giran jatuh cinta dengan Siti Rasani. Namun, cinta mereka ditentang dan bahkan difitnah oleh keluarga mereka. Keduanya lalu dilemparkan ke dalam kawah Gunung Tinjau.

Sebelum dilemparkan, Giran berdoa meminta keadilan kepada Tuhan. Apabila ia tak melakukan kesalahan, ia meminta agar Gunung Tinjau meletus dan Bujang Sembilan mendapat kutukan.

Setelah keduanya dilemparkan ke dalam kawah, gunung pun meletus dan membentuk cekungan yang terisi air dan menjadi sebuah danau indah yang disebut Danau Maninjau.

2. monumen Jam Gadang di Bukittinggi

Sumber: