Debat Cawapres Tema Ekonomi: Simak Rekam Jejak Ketiga Cawapres Sebelum Memulai Debat Sore Ini

Debat Cawapres Tema Ekonomi: Simak Rekam Jejak Ketiga Cawapres Sebelum Memulai Debat Sore Ini

Debat Cawapres Tema Ekonomi: Simak Rekam Jejak Ketiga Cawapres Sebelum Memulai Debat Sore Ini--

SILAMPARITV.CO.IDKetiga calon wakil presiden (cawapres) akan saling adu gagasan dalam debat pada Jumat sore ini, Debat cawapres ini akan mengambil tema ekonomi yang sangat erat kaitannya dengan masyarakat luas.

Tema untuk debat perdana cawapres ini adalah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur, dan perkotaan.

Debat rencananya bakal diselenggarakan dalam 6 segmen dan 11 panelis yang terdiri dari anggota Ombudsman RI, akademisi, dan ekonom.

Debat cawapres kali ini akan digelar di JCC, Senayan, Jakarta dan akan mempertemukan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Para capres akan ikut hadir, namun porsi bicara hanya untuk cawapres.

BACA JUGA:Hasil Debat Panas Capres Cawapres, Anis Dinilai Lebih Unggul

Rekam jejak para cawapres menjadi hal yang penting dengan berbagai pengalaman dan jam terbang ketika berurusan dengan ekonomi. Jika cawapres memiliki pengalaman yang tidak sedikit di bidang ekonomi, maka debat yang akan diselenggarakan besok tentu akan menjadi hal mudah khususnya dalam menjelaskan gagasan serta menjawab pertanyaan dari lawan debatnya.

Dibandingkan dengan cawapres lain, Gibran yang pernah menjabat sebagai kepala daerah yakni menjabat Wali Kota Solo (Februari 2021-sekarang) sedikit diuntungkan karena memiliki dalam mengelola APBD.

Rekam Jejak Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Pria berkelahiran Jombang ini sempat menempuh pendidikan komunikasi untuk pascasarjana di Universitas Indonesia (UI) dan bahkan mendapatkan gelar Doktor HC dari Universitas Airlangga.

Dalam perjalanan politiknya, ia pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI pada tahun 1999, pernah menjadi Anggota DPR RI dari tahun 1999 hingga 2004, dan menjadi Wakil Ketua DPR RI sejak 2004 hingga 2009.

BACA JUGA:Tidak Ada Debat Khusus Cawapres, KPU Ubah Format Debat Pilpres 2024

Ia pun kemudian menjabat sebagai Ketua Umum PKB sejak 2005 hingga sekarang. Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR RI sejak 2018 sampai 2019 dan menjadi Wakil Ketua DPR RI sejak 2019 hingga saat ini.

Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) pada periode 2009 hingga 2014. Salah satu peran Cak Imin adalah dengan ikut merumuskan Upah Minimum Provinsi (UMP). Pada masa Cak Imin,  rata-rata kenaikan UMP secara nasional pada 2013 mencapai 18,32%, jauh lebih tinggi dibandingkan pada 2012 yang hanya mencapai 10,27 %.

Setelah kenaikan UMP tersebut, terdapat 908 perusahaan di seluruh wilayah Indonesia yang mengajukan penangguhan pembayaran UMP karena besarnya kenaikan.

Sumber: