Inilah Empat Alasan Istighfar Menjadi Kunci Pembuka Rezeki

Inilah Empat Alasan Istighfar Menjadi Kunci Pembuka Rezeki

Ilustrasi Beristighfar Kepada Allah SWT--

SILAMPARITV.CO.ID - Terkadang masih banyak orang merasa hidupnya teramat sulit akan rezeki yang terasa sempit. Kesulitan-kesulitan yang mereka rasakan itu sebab dosa-dosa yang telah menumpuk.

Maka hal tersebut, diperlukan kunci untuk membuka pintu-pintu rezeki. Sebagaimana Rasulullah SAW mengatakan kuncinya merupakan memperbanyak istighfar.

Istighfar pada hakikatnya merupakan bentuk memohon ampunan kepada Allah SWT sehingga dengan memperbanyak istighfar menjadi sarana kita untuk meraih ampunan-Nya.

Inilah empat alasan kenapa istighfar menjadi janji Allah untuk membuka pintu rezeki.

BACA JUGA:Doa Serta Adab Ketika Berwisata

Alasan Istighfar Menjadi Kunci Pembuka Rezeki

1. Disebutkan di dalam Al-Quran surat Hud ayat 52

“Dan (dia berkata): “Hai kaumku, beristighfarlah kepada Rabb-mu (Allah SWT) lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia (Allah SWT) menurunkan atasmu hujan yang sangat deras dan Dia akan menambahkan kekuatan pada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”

Di dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan, Nabi Hud memerintahkan kaumnya untuk beristighfar (memohon ampun kepada Allah SWT) agar dosa-dosa mereka dihapus dan apabila ampunan mereka diterima maka Allah SWT akan memudahkan rezekinya, memudahkan urusannya, serta menjaganya.

BACA JUGA:Berikut Doa yang Sering Dilantunkan Rasulullah SAW Ketika Selesai Shalat Tahajud

2. Dalam surat Nuh ayat 10-12

Allah SWT juga menjanjikan akan memberikan rezeki kepada hamba-hamba-Nya yang memohon ampun.

“Lalu aku berkata (kepada mereka),  “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (Allah SWT), sesungguhnya Dia (Allah SWT) adalah Maha Pengampun. (Jika kamu memohon ampun), niscaya Dia (Allah SWT) akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.”

Imam Qurthubi menjelaskan, ayat tersebut menunjukkan kita bisa meminta diturunkan rezeki dan hujan dengan melalui istighfar.

Sumber: