Ini dia Manfaat Makanan Asam Bagi Tubuh, Simak di Sini!

Ini dia Manfaat Makanan Asam Bagi Tubuh, Simak di Sini!

ilustrasi makanan asam--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBanyak dari kita yang kurang suka mengonsumsi makanan yang asam dikarenakan rasanya yang terlalu kurang mengenakan, tapi apakah kamu tahu bahwa makanan yang asam banyak manfaatnya.

Asam adalah senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutah pH lebih kecil dari 7. Asam merupakan suatu zat yang dapat memberikan proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa).

Asam biasanya ada pada buah yang belum matang dan ada juga pada buah yang sudah matang, asam tersebut biasanya ada pada buah belimbing, nanas, dan masih banyak lagi. Berikut ini merupakan manfaat makanan asam bagi tubuh.

Manfaat asam pada buah adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit yang bisa merusak kesehatan jantung. 

BACA JUGA:Ini 8 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Berat Badan Cepat Turun

Orang yang lagi hamil tidak boleh mengonsumsi makanan yang asam dikarekan dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi kandungan, sebaiknya cari makanan yang baik seperti buah-buahan segar agar anak dalam kandungan mendapatkan banyak vitamin dan protein cukup. 

Ada buah yang memiliki banyak manfaatnya yaitu buah Asam Jawa. Asam Jawa adalah salah satu buah seperti kacang-kacangan yang memiliki rasa asam dan manis. 

Buah ini telah digunakan untuk pengobatan kuno untuk mengobati gigitan ular, malaria, diabetes, sembelit, dan beberapa kondisi akut dan kronis.

Manfaat asam jawa bagi tubuh yaitu, dapat meningkatkan pencernaan, sumber antioksidan, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meringankan radang dan nyeri sendi, meredakan batuk dan pilek, dan merawat kulit.

BACA JUGA:Ini 7 Cedera yang Sering Terjadi Ketika Sedang Joging

Buah asam jawa memiliki kandungan zat antioksidan seperti flavonoid. Kandungan flavonoid berfungsi menurunkan kolesterol jahat. 

Selain itu, buah asam jawa juga kaya akan kandungan potasium yang berfungsi mencegah tekanan darah tinggi. Asam jawa memiliki beberapa vitamin yaitu vitamin B, Vitamin C, vitamin K, asam amino, serta berbagai mineral, seperti kalium, magnesium, selenium, dan zat besi.

Buah asam jawa juga dapat meningkatkan pencerahan kulit dan memutihkan warna kulit wajah tampak lebih cerah dan putih. Penggunaan asam jawa secara teratur juga membuat kulit wajah tampak lebih berseri, sehingga kecantikan kamu akan semakin terpancar dan bersinar

Asam jawa juga dapat dijadikan masker wajah caranya, hancurkan daging pada buah asam jawa, lalu ditambahkan satu sendok minyak zaitun dan aduk. Setelah selesai, kamu dapat mengoleskan maskernya ke wajah dan tunggu selama kurang lebih 15menit, setelah itu bilas dengan air hangat. 

Sumber: