Wajib Tahu! Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari untuk Kesehatan

Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari Untuk Kesehatan--

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental Kamu Dengan Melakukan Beberapa Hal Ini

Riset menunjukkan bahwa asupan kopi dalam jumlah yang sesuai bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Namun, sebaliknya, konsumsi kafein yang terlalu sering atau banyak justru bisa mengganggu proses penyerapan dan metabolisme kalsium. Hal ini membuat kopi berisiko menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoprosis.

Selain beragam risiko di atas, konsumsi kopi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes, terutama jika minuman ini dikonsumsi dengan tambahan gula terlalu banyak.

Ada pun, batasan agar aman dalam jumlah asupan kopi setiap harinya.

BACA JUGA:Ini dia Resep Mangut Ikan Asap Pedas Nampol, Dijamin Bikin Nagih!

Kopi sebenarnya cukup aman dikonsumsi, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Secara umum batas aman konsumsi kopi untuk orang dewasa adalah sekitar 4 cangkir per hari atau setara dengan 400 mg kafein per hari.

Sementara itu, ibu hamil atau menyusui juga boleh mengonsumsi kopi, tapi batasnya lebih rendah, yaitu maksimal 200 mg kafein atau setara dengan 2 cangkir kopi per hari.

Namun, agar lebih aman, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi setiap hari. 

Terlebih jika memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan tertentu, seperti sakit maag, tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, epilepsi,  penyakit asam lambung, atau irritable bowel syndrome (IBS).*

BACA JUGA:Ini dia 6 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Sebagai kesimpulan, bahaya minum kopi setiap hari ada, apabila takarannya meleibihi batas aman atau Anda memiliki riwayat gangguan kesehatan seperti yang disebutkan di atas.

Jika Anda merasa sulit untuk berhenti minum kopi atau mengalami keluhan dan masalah kesehatan tertentu setelah minum kopi, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber: