Berikut Ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kencur untuk kesehatan tubuh--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKencur adalah rempah/bumbu dapur yang sering digunakan sebagai masak masakan yang berkuah, seperti seblak dan lain lainnya.

Kencur juga mempunyai kesehatan bagi tubuh kita, selain bisa dijadikan rempah masakan bumbu dapur ini juga memiliki keistimewaan dan manfaat yang sangat tinggi. 

Kencur merupakan ramuan dengan aroma dan rasa pedas. Tanaman yang memiliki nama latin kaempferia galanga ini tumbuh luas di Asia, seperti Indonesia, China, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. 

Kencur masih merupakan kerabat jahe dan khasiat obatnya telah dikenal secara turun-temurun.

BACA JUGA:Ini dia Manfaat Makanan Asam Bagi Tubuh, Simak di Sini!

Kandungan Nutrisi Kencur

Beragamnya manfaat kencur memang tidak lepas dari nilai gizinya. Berikut beberapa kandungan nutrisi kencur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh: 

Protein Serat Mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, besi, mangan dan seng Vitamin termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K dan folat.

Selain itu, galanga juga mengandung minyak atsiri dan senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan pereda nyeri.

BACA JUGA:Ini 7 Cedera yang Sering Terjadi Ketika Sedang Joging

Beragam Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Khasiat kencur terdapat pada daun dan rimpangnya. Daun dan rimpang kencur juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut. 

Tidak hanya sebagai obat herbal, kencur juga banyak digunakan sebagai campuran produk sampo, cuka, bedak, dan aromaterapi. 

Di Indonesia, kencur telah digunakan secara turun-temurun sebagai bahan obat herbal seperti beras kencur. Jamu ini terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula merah. 

Sumber: