Ini dia Penyebab Utama Terkena Penyakit HIV dan Bahaya yang Ditimbulkan

Ini dia Penyebab Utama Terkena Penyakit HIV dan Bahaya yang Ditimbulkan

ilustrasi penyebab HIV dan dampaknya--freepik

Gejala penyakit tidak akan langsung muncul. Biasanya memakan waktu seminggu setelah kuman masuk ke dalam tubuh, dan diare bisa berlangsung hingga dua minggu.

Secara umum, munculnya gejala pada setiap orang berbeda-beda. Beberapa dapat bertahan hingga 24 hingga 36 bulan dan baru diketahui setelah kondisi pasien mengancam nyawa.

4. SitomegalovirusPenyakit ini berhubungan dengan herpes.

BACA JUGA:4 Ciri-Ciri Orang yang Harus Kamu Jauhi Dalam Hidupmu

Cara penularannya melalui cairan yang mengalir dari dalam tubuh penderita. Gejala yang muncul pada tiap penderita berbeda-beda. Mulai dari berkurangnya penglihatan, saluran pencernaan, dan paru-paru hingga kelemahan tulang sehingga membuat pasien kesulitan  berjalan.

5. Kandidiasis 

kekebalan tubuh yang lemah menjadi sasaran banyak virus dan bakteri. Oleh karena itu, orang yang terinfeksi HIV rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk kandidiasis. Jamur penyakit ini tumbuh lebih cepat dan membentuk selaput yang menempel pada organ mukosa seperti mulut, vagina, dan lidah.

Akan muncul lapisan putih pada bagian yang diserang. Jika dilepaskan, akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan area tersebut kemudian bisa berdarah.

BACA JUGA:4 Ciri-Ciri Orang yang Harus Kamu Jauhi Dalam Hidupmu

Kita harus terus mewaspadai penularan HIV. Karena melemahkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dan pasien sering mengalami komplikasi. Jauhi penyakit, jangan menjauhi manusia.

Teman-teman Hermina bisa berkonsultasi dengan pakar rumah sakit mengenai masalah terkait HIV. Hermina terdekat atau bisa disaksikan secara online melalui aplikasi Halo Hermina.

Sumber: