Ini dia Penyebab Utama Terkena Penyakit HIV dan Bahaya yang Ditimbulkan

Ini dia Penyebab Utama Terkena Penyakit HIV dan Bahaya yang Ditimbulkan

ilustrasi penyebab HIV dan dampaknya--freepik

Resiko HIV

Pasien HIV sering kali merasa minder dan dikucilkan karena ketakutan sosial terhadap infeksi. Sementara itu, tergantung pada karakteristik virus dan cara penyebarannya, hal ini tidak mudah. Selama pasien tidak terkena cairan, virus tidak dapat menyebar.

Namun, sangat penting untuk menghindari penyebab virus ini. Kita tidak tahu siapa yang membawa virus ini dan bagaimana cara penyebarannya. Kehati-hatian adalah faktor kunci untuk melindungi tubuh dari penyebaran virus. Berikut bahaya yang ditimbulkan oleh HIV diantaranya:

BACA JUGA:Ternyata Ini 4 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Pria, yang Jarang Diketahui!

1. TBC

TB atau TBC sangat mudah menyerang pasien yang terinfeksi virus HIV karena daya tahan tubuhnya lemah. Patogen ini menyebar dengan sangat mudah  melalui udara.

Jika seorang pasien HIV-positif terinfeksi tuberkulosis, ia harus segera mendapat antibiotik. Fungsinya untuk menghancurkan virus tuberkulosis.

Selain itu, pasien yang terinfeksi HIV dan TBC harus segera mendapat pengobatan yang tepat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memusnahkan virus TBC hingga penyakitnya benar-benar sembuh. Pengobatan HIV kemudian dapat dilanjutkan. TBC sejauh ini merupakan penyakit paling berbahaya bagi pengidap HIV.

BACA JUGA:Berikut Ini 6 Menu Makanan untuk Melindungi Tulang dari Pengeroposan di Usia Lansia

2. Toksoplasmosis

Penyakit ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit protozoa, Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini sering ditemukan pada daging yang kurang matang. Selain itu, juga banyak ditemukan pada kotoran kucing.

Secara umum parasit jenis ini tidak terlalu berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh alami. Namun bagi orang yang terinfeksi HIV dan tubuhnya kehilangan kekebalan, parasit ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pasien mungkin mengalami ensefalitis, infeksi serius yang terjadi di otak.

3. Kriptosporidiosis

BACA JUGA:Tahukah Anda Apa Itu Gangguan Mental Antiexy Disorder? Ternyata Ini Gejalanya

Penyakit ini dapat menyebabkan diare dan tidak cepat sembuh. Penyebabnya adalah kriptosporidium. Parasit ini bisa berasal dari usus hewan yang terinfeksi. Biasanya parasit ini masuk melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Sumber: